Mungkinkah Membuat Taman di Sebuah Unit Apartemen?

Dengan menggunakan kreativitas, pemilik unit apartemen dapat memanfaatkan area balkon secara optimal untuk dijadikan taman kecil sederhana yang indah.

Taman di unit apartemen-RumahHokie.com-Istimewa
(Foto: funnpics.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Keterbatasan lahan di perkotaan, membuat masyarakat mulai melirik apartemen sebagai hunian di masa depan. Walaupun memiliki area yang tak terlalu luas, bukan tak mungkin bagi pemiliknya untuk menghadirkan taman di unit apartemen.

Dengan sedikit usaha dan menggunakan kreativitas, mereka dapat memanfaatkan serta mengolah area yang ada secara optimal untuk dijadikan taman kecil yang indah. Umumnya, area balkon memiliki luas berkisar antara 1,5 meter hingga 2 meter, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai area hijau terbuka di unit apartemen anda.

Walaupun demikian, pemilik unit apartemen tak bisa menanam pohon berakar besar atau jenis tanaman berkayu yang membutuhkan area tanam yang luas. Sebagai gantinya, mereka bisa meletakkan tanaman hias di dalam pot serta menata-nya dengan susunan yang atraktif.

Baca Juga: Ingin Suhu Rumah Menjadi Adem? Yuk Buat Taman di Atas Atap!

Agar tak membebani area balkon, pilihlah media tanam yang ringan, seperti styrofoam, sekam atau batok kelapa yang telah dikeringkan. Kemudian, anda dapat memilih jenis tanaman yang mudah perawatannya.

Anda bisa memilih beberapa jenis tanaman seperti Morning Glory, Mandevilla, air mata kucing atau Vernonia Elaeafolia atau populer disebut Curtain Creeper. Tanaman yang tumbuh secara merambat (vertikal), bisa menangkal polusi debu.

Selain itu, dengan memilih tanaman yang tumbuh secara merambat, anda juga bisa menghemat ketersediaan lahan, sehingga sisa lahan dapat dimanfaatkan untuk meletakkan jenis tanaman lain.

Baca Juga: Dekorasi Taman Mini Ini Mampu Segarkan Pandangan Mata

Langkah selanjutnya, pemilik unit apartemen dapat menghiasi taman mungilnya dengan berbagai elemen dekoratif untuk mempercantik tampilannya. Misalkan, memasang lampu kecil jenis spot light yang menyorot ke arah jenis tanaman tertentu.

Anda juga bisa memasang elemen interior penunjang keindahan, seperti karpet rumput sintetis dan kursi kecil yang materialnya tahan terhadap segala paparan cuaca.

Jika masih tersedia bagian kosong di dinding, anda bisa melengkapi taman mungil dengan berbagai artwork bernuansa alam atau bergambar floral.

Dengan penataan yang kreatif dan optimal, taman mungil anda akan memiliki tampilan yang menarik dan indah, meskipun dibangun di atas lahan terbatas tanpa penutup rumput sekalipun.

Selamat mencoba!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

 

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda