Nippon Paint dan Kemenristekdikti Bersinergi Gelar Kompetisi AYDA 2019

Asia Young Designer Awards (AYDA) 2019 menekankan pada ide-ide baru yang dapat menjadi solusi desain praktis dengan tema "Forward: A sustainable Future".

Asia Young Designer Awards 2019. AYDA 2019, Nippon Paint, Jon Tan
(Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kompetisi arsitektur dan desain interior antar negara, Asia Young Designer Awards (AYDA) kembali digelar. Di tahun ke-8 penyelenggarannya, kompetisi yang digagas oleh Nippon Paint ini bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI.

Gelaran AYDA 2019, menekankan pada ide-ide baru yang dapat menjadi solusi desain praktis dengan tema “Forward: A sustainable Future”. Tema tersebut merefleksikan masa depan yang berkelanjutan.

Saat jumpa pers, Selasa (16/07/2019) di gedung Kemenristekdikti, Jon Tan, CEO Nippon Paint Indonesia, mengatakan ajang Asia Young Designer Awards selalu mengedepankan tema dinamis dan terus disesuaikan dengan perkembangan lingkungan dan industri.

Baca Juga: Nippon Paint Umumkan Pemenang Asian Young Designer Award 2019

Lebih lanjut, dia mengatakan di Indonesia, ajang ini bersinergi dengan berbagai pihak
dengan dukungan dari Kemenristekdikti serta universitas dan para praktisi arsitektur serta desainer interior.

Sedangkan pada skala internasional, AYDA bekerjasama dengan Harvard Graduate School of Design. Hal ini menjadikan kompetisi tersebut sebagai salah satu penghargaan bergengsi di Asia yang diselenggarakan di 15 negara.

Diantaranya yakni, Indonesia,India, Iran, Jepang, Malaysia, Pakistan, Singapura, Thailand, China dan lain sebagainya.

“Dengan adanya dukungan Kemenristekdikti, kami yakin kompetisi ini akan berkembang dan bersinergi secara lebih baik. Kami selalu membuka diri untuk berkerjasama dengan berbagai pihak, guna mendorong peningkatan kemampuan bersaing desainer muda Indonesia di tingkat global,” tutur Jon Tan.

Baca Juga: Meriahkan Ramadan, Nippon Paint Rilis Warna Cat ‘Hijau Bolu Pandan’

Jon menambahkan, pemenang kompetisi ini akan mendapatkan kesempatan untuk kerja magang di perusaahan arsitektur dan interior design terkemuka serta berhak mendapat hadiah sejumlah uang.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Prof. Dr. Ismunandar, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, berujar bahwa hadirnya AYDA 2019 dapat melengkapi pembelanjaran yang ada di kelas ilmu arsitektur dan desain interior.

Baca Juga: Nippon Paint Luncurkan Cat Anti Kuman untuk Wujudkan Rumah Sehat

“Inilah (Kompetisi) salah satu sarana pembelajaran yang ontentik. Karena dikerjakan
dengan serius dan mencoba menyelesaikan problematika sosial melalui riset dan pengembangan,” kata Ismunandar.

Sebagai informasi tambahan, kompetisi ini pertama kali diluncurkan di Malaysia pada tahun 2008 dengan nama Nippon Paint Young Designer Awards (NPYDA). Sejak tahun 2011, ajang ini menjadi kompetisi regional yang diikuti oleh sejumlah negara di Asia.

Untuk Indonesia sendiri, NPYDA pertama kali diadakan pada tahun 2012 dengan skala Jawa Timur. Lalu, pada 2013 berkembang menjadi skala nasional dengan diikuti 18 universitas.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda