Nippon Paint Umumkan Pemenang Asia Young Designer Awards 2019/2020

Asia Young Designer Awards tahun 2019/2020 diselenggarakan dengan menetapkan tema 'Forward; A Sustainable Future'. Para peserta ditantang untuk membuat karya desain yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan sekitar.

Nippon Paint, Asia Young Designer Awards (AYDA) Indonesia tahun 2019/2020.
Para pemenang Nippon Paint Asia Young Designer Awards (AYDA) Indonesia tahun 2019/2020. (Foto: dok. Nippon Paint Indonesia)

RumahHokie.com (Jakarta) – Nippon Paint mengumumkan pemenang dari ajang
Grand Final Asia Young Designer Awards (AYDA) Indonesia tahun 2019/2020.  Dua karya mahasiswa berhasil menyisihkan ratusan desain dari 26 universitas di Tanah Air.

Untuk penghargaan Gold Award AYDA Indonesia kategori Arsitektur diraih oleh Febri Aji Prasetyo, dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Jawa Timur.

Sedangkan Greta Elsa Nurtjahja dari Universitas Pelita Harapan, berhasil menjadi pemenang pertama AYDA Indonesia dalam kategori Desain Interior.

Baca Juga: Nippon Paint dan Kemenristekdikti Bersinergi Gelar Kompetisi AYDA 2019

Melansir dari siaran pers, Senin (20/01/2020), kompetisi Nippon Paint Asia Young Designer Awards tahun ini diselenggarakan dengan menetapkan tema ‘Forward; A Sustainable Future’.

Nippon selaku penyelenggara ingin mengarahkan para peserta untuk memiliki kemampuan menjawab berbagai tantangan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan sekitar.

Jon Tan, CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia mengatakan, melalui Asia Young Designer Awards 2019/2020, perusahaannya berupaya menciptakan generasi muda Indonesia yang mampu menjawab berbagai tantangan lingkungan alam, sosial, dan persaingan global.

Baca Juga: Mahasiswi Indonesia Akan Berpartisipasi Pada Kompetisi Final Desain Dunia di Spanyol

Lebih lanjut dia berujar, caranya dengan meningkatkan keterampilan hard skill maupun soft skill, sehingga mampu menghasilkan karya-karya desain arsitektur dan interior yang nyata bagi masyarakat.

“Melalui AYDA, kami berkomitmen untuk mendukung terus perkembangan industri arsitektur dan desain interior di Indonesia. Kami berharap, ke depannya para peserta kompetisi desain ini dapat memberikan kontribusi nyata terhadap bangsa dan negara,” kata Jon.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Sibarani Sofian, salah satu juri AYDA
Indonesia 2019/2020 menyatakan, kedua pemenang dipilih karena dinilai mampu menampilkan rancangan yang selaras dengan tema.

Baca Juga: Nippon Paint Berikan Edukasi Rumah Sehat Kepada Keluarga Indonesia

Selain itu, ia melihat karya desain pemenang Nippon Paint Asia Young Designer Awards Indonesia 2019/2020 dapat merefleksikan masa depan yang berkelanjutan, namun tidak melupakan nilai budaya dan unsur ramah lingkungan.

Menurut dia, dalam mengembangkan industri arsitektur dan desain interior saat ini, penting bagi para desainer muda untuk memiliki kemampuan yang lebih menyeluruh.

“Dimulai dari kemampuan sketching, menguasai teknologi, dan memahami material,
sosial, ekonomi, budaya,” pungkas arsitek yang dikenal pula sebagai pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Negara yang baru-baru ini diumumkan Kementerian PUPR.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda