Norwegia Punya Toilet Publik Terindah di Dunia, Begini Tampilannya

Ureddplassen menjadi toilet publik paling indah di dunia. Bangunan kamar mandi umum itu dikelilingi pemandangan eksotis alam pantai barat Norwegia.

toilet Ureddplassen Norwegia, toilet umum
Toilet Ureddplassen dikelilingi oleh pemandangan indah dari pegunungan Gildeskål, Norwegia. (Foto: Steinar Skaar /igsmag)

RumahHokie.com (Gildeskål) – Apa yang tebersit dipikiran Anda ketika mendengar kata toilet umum? Mungkin sebagian Hokie People akan berpikir sesuatu yang tidak nyaman atau sebuah fasilitas yang kotor.

Nampaknya, Anda harus singkirkan anggapan miring tersebut jika melihat toilet umum Ureddplassen yang terletak di Gildeskål, Nordland, Norwegia, ini.

Fasilitas umum yang diperuntukan bagi turis tersebut, menjadi toilet publik paling indah di dunia. Terletak di rute wisata nasional Norwegia, kamar mandi umum itu dikelilingi pemandangan eksotis alam pantai barat negara Skandinavia tersebut.

Baca Juga: Wanita Ini Ubah Toilet Kumuh Jadi Rumah yang Menyenangkan

toilet Ureddplassen Norwegia, toilet umum
Desain arsitektur dari toilet umum Urredplassen terinspirasi dari gelombang ombak lautan. (Foto: unusualplaces)

Mengutip dari laman The Telegraph, desain arsitektur Ureddplassen dirancang dengan bentuk ombak serta dilengkapi dengan teras pengamat yang berhadapan dengan Laut lepas Norwegia.

Dirancang oleh biro desain Haugen-Zohar Arkitekter, toilet umum ini berdiri di lahan 2.000 meter persegi, dengan bangunan berukuran 9×9 meter persegi.

Tidak sekedar menyelesaikan ‘hajat’-nya, para turis juga bisa melihat dan menikmati cantiknya pemandangan pegunungan Lofoten Wall, yang tertutup salju membingkai bangunan toilet umum tersebut.

Baca Juga: Ini Dia Uniknya Hotel Kentang yang Menawarkan Sensasi Menginap di Lahan Pertanian

toilet Ureddplassen Norwegia, toilet umum
Toilet Ureddplassen Norwegia dilengkapi sejumlah tempat duduk yang digunakan sebagai area tunggu para turis yang ingin menggunakan fasilitas umum tersebut. (Foto: unusualplaces)

Di luar bangunan, nampak deretan bangku balok yang terbuat dari marmer Rose Norwegia. Material batuan tersebut sama yang digunakan untuk gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat.

Kursi balok tersebut sengaja disediakan sebagai tempat duduk bagi para turis yang antri untuk menggunakan fasilitas toilet tersebut.

Baca Juga: Menentukan Posisi Toilet Terbaik di Rumah Menurut Feng Shui

toilet Ureddplassen Norwegia, toilet umum
Toilet umum ini dibangun seluas 9 x 9 meter dan dilapisi kaca buram serta dan diterangi cahaya lampu berwarna hangat. (Foto: Steinar Skaar /igsmag)

“Ureddplassen adalah tempat untuk istirahat yang menyenangkan, dan piknik dengan pemandangan alam sinar matahari dan suasana tengah malam yang indah,” tutur Turjonvej Nasjonale, dewan turis untuk Rute Wisata Norwegia Helgelandskysten.

Tak jauh dari bangunan Ureddpassen, para turis dapat melihat sebuah monumen penghormatanbagi para awak kapal selam Royal Norwegian Navy yang gugur terkena ranjau kapal Jerman pada tahun 1943.

Jalur Helgelandskysten adalah yang terpanjang dari 18 rute wisata di Norwegia. Rute tersebut membentang dari Holm di selatan, menyeberang ke Lingkaran Arktik dan menuju ke utara.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda