Obral Rumah Murah Di Italia, Hunian Indah Dijual Seharga Rp16 Ribu

Kisah dibalik penjualan rumah murah di Bivona, Italia, terjadi lantaran daerah tersebut tengah mengalami depopulasi penduduk.

rumah di Bivona Italia, rumah seharga Rp16 ribu, Bivona Italia, jual rumah di Italia, rumah murah
Lingkungan kota Bivona, Italia, yang indah. (Foto: Salvatore Giallombardo)

RumahHokie.com (Jakarta) – Penduduk Kota Bivona, Provinsi Agrigento, Italia, kini ramai-ramai jual rumah dengan harga murah. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mereka untuk meramaikan kota yang mulai ditinggalkan penduduknya tersebut.

Hunian-hunian warga di kota yang terletak pada bagian selatan Pulau Sisilia itu ditawarkan hanya seharga 1 Euro atau sekitar Rp16 ribu.

Mengutip dari laman CNN Travel, kisah dibalik penjualan rumah murah di Bivona terjadi lantaran daerah tersebut tengah mengalami depopulasi penduduk.

Baca Juga: Dua Arsitek Italia Bangun Rumah di Atas Ketinggian 3.290 Meter

“Dalam 40 tahun terakhir, populasi warga kami telah berkurang setengahnya. Saat ini penduduk kami hanya tinggal 3.800 jiwa,” kata Angela Cannizzaro, penasihat budaya Bivona

Dia lebih lanjut mengatakan, tren depopulasi terjadi disebabkan generasi muda di wilayah tersebut banyak yang ‘hijrah’ ke kota besar untuk mencari kesempatan kerja yang lebih baik.

Dengan penawaran harga rumah murah itu, diharapkan menjadi daya tarik bagi warga luar ataupun investor untuk membeli hunian tapak yang kini banyak ditinggalkan penghuninya. Di samping itu, warga Bivona juga ingin mengembalikan kejayaan kota itu seperti pada abad ke-16.

Baca Juga: Seluk-beluk Properti Australia yang Harus Diketahui Calon Investor Mancanegara

Angela menerangkan, calon pembeli rumah di Bivona, nantinya akan diminta untuk membayar deposito sebesar 2.100 Euro atau sekitar Rp33 juta.

“Uang jaminan tersebut akan digunakan untuk renovasi bangunan yang rusak dengan durasi perbaikan berlaku selama 4 tahun,” paparnya.

Setiap orang yang membeli properti di wilayah ini, Angela mengatakan juga bisa mengubah fungsi rumahnya menjadi toko, restoran, ataupun hotel.

Baca Juga: Daya Saing Kota Mampu Pengharuhi Keputusan Investasi Real Estat

Berada di kaki Bukit Sicani, Kota Bivona di Italia dikenal memiliki udara sejuk serta pemandangan alam yang indah, karena terdapat sungai dan air terjun yang jernih.

Dengan kondisi tersebut membuat kota seluas 88 kilometer persegi ini sangat cocok sebagai tempat berlibur dan beristirahat dari rutinitas pekerjaan.

Selain kondisi lingkungan yang terbilang asri nan eksotis, kota ini pun diisi oleh bangunan dengan arsitektur ikonik khas abad pertengahan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda