Over Suplai, Developer Berebut Pasar Gratiskan Sewa Bulanan

Pasokan unit apartemen berlebih, memaksa para pengembang bersaing berebut pasar. Menariknya, pihak developer menambahkan sewa gratis selama dua bulan bagi penyewa.

apartemen brooklyn-rumahhokie-dok
Foto : NYTimes.com

RumahHokie.com (Brooklyn) – Menjamurnya hunian jangkung, mengakibatkan pasokan apartemen di Brooklyn mengalami over suplai. Imbasnya, harga sewa apartemen di kota tersebut tergelincir.

Karena suplainya terus mengalami peningkatan, para developer di kota satu ini seolah dipaksa dalam pertarungan mengisi suplai apartemen mereka.

Bahkan untuk memerangi pasar, para developer menawarkan sewa unit termasuk furnitur didalamnya. Kondisi pasar ini telah terjadi beberapa bulan.

Para broker setempat mengatakan, pertempuran tersebut terjadi di area koridor Flatbush Avenue di downtown Brooklyn, di mana hunian jangkung dengan cepat bermunculan.

Baca juga: Ini Kelebihan Properti Sydney Dibanding Singapura

Mereka menambahkan, tantangan penyewaan terbesar diantaranya terjadi di koridor Ashland Place dengan 586 unit, Ashland dengan 379 unit, dan kedatangan terbaru di koridor Schermerhorn Street dengan 600 unit.

“Saat ini, pasar tampaknya jenuh karena kelebihan pasokan,” kata Marie Bromberg, agen Corcoran Group, seperti dikutip NYTimes.com.

Menurut Marie, kondisi seperti ini justru memberikan keuntungan bagi konsumen. Jika biaya administrasi biasanya dibayar oleh penyewa, untuk hal ini sepenuhnya dibayar oleh pemilik unit (developer).

Harga sewa turun
Seperti pada proyek yang dikembangkan oleh Steiner NYC. Untuk memaksimalkan pasokan unitnya, pihak developer menawarkan harga sewa USD2.655 per bulan untuk tipe studio, dan USD3.130 per bulan untuk tipe satu kamar tidur.

“Harga tersebut termasuk fee broker dan gratis biaya sewa satu bulan dalam setahun. Kondisi terkini, penyewa sedang mempertimbangkan untuk memperbaharui unitnya, apalagi mendengar diskon apartemen kosong di gedung yang sama,” kata Douglas C. Steiner, Chairman Steiner.

Terkait kondisi tersebut, David J. Maundrell, Founder and President Aptsandlofts.com mengatakan, pasar sewa apartemen di Brooklyn melunak. Pada bulan Desember, sewa rata-rata adalah USD2.700 per bulan, turun dari USD2.807 per bulan.

Menurut Douglas, Elliman Real Estate. Pada saat yang sama, konsesi melonjak, sekitar 14 persen dari semua penawaran sewa baru pada bulan Desember.

“The Ashland, dikembangkan oleh Gotham, mengalami tekanan. Dari 586 unit yang tersedia, hanya 304 unit yang terserap, itu pun pihak developer menambahkan dua bulan sewa gratis,” kata Christopher Jaskiewicz, Chief Operating Officer Gotham.

Untuk harga awal pra konsesinya, Ashland ditawarkan mulai USD2.545 per bulan untuk tipe studio dan USD3.244 untuk satu kamar tidur.

Dedy Mulyadi

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda