OYO Antisipasi Kenaikan Pemesanan Hotel Saat Libur Lebaran 2019

Angka pemudik selama libur Lebaran 2019 diprediksi naik 20% hingga 30%, sektor perhotelan akan turut alami tren kenaikan pemesanan kamar.

OYO Hotels, bisnis hotel, bulan Ramadan, Hari Raya Idul Fitri
(Foto: dok. Oyo Hotels)

RumahHokie.com (Jakarta) – OYO Hotels & Homes, perusahaan jaringan hotel global
meluncurkan program Ramadhan bertajuk #OYOsilaturahmi. Program tersebut dibuat untuk mengantisipasi potensi tren kenaikan pemesanan kamar menjelang libur Lebaran 2019.

Rishabh Gupta, Country Head OYO Hotels & Homes Indonesia mengatakan melalui program tersebut mereka ingin memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk bisa menikmati pengalaman menginap yang menyenangkan, terutama ketika melakukan perjalanan mudik.

“Diantara para pemudik yang memanfaatkan momentum libur Lebaran untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara, sekaligus berlibur. Kami melihat itu sebagai sebuah kesempatan untuk turut memberikan pilihan menginap yang terstandarisasi serta harga yang terjangkau,” ucap Gupta seperti dilansir dari siaran pers, Selasa (21/05/2019).

Baca Juga: Babak Baru Pertumbuhan Bisnis OYO Hotels di Indonesia

Di tahun ini, Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Refdi Andri memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah pemudik sekitar 20%-30% pada periode Cuti Bersama Lebaran apabila dibandingkan dengan tahun lalu.

Angka itu dapat turut mempengaruhi tren bisnis dan sektor pariwisata, khususnya industri perhotelan menjelang Libur Lebaran.

Gupta memaparkan bahwa Indeks Pemesanan Perjalanan yang dicatat OYO Hotels, memperlihatkan bagaimana perilaku masyarakat Indonesia dalam merencanakan perjalanan pada kuartal I-2019, atau sekitar dua bulan sebelum Ramadan.

Baca Juga: OYO Umumkan Akuisisi Perusahaan Rental Properti Asal Amsterdam

“Index tersebut memperlihatkan bahwa OYO dipesan setiap 7,24 detik, dan pemesanan melalui aplikasi melampaui pemesanan melalui desktop sebanyak 354,26 kali lipat,” tuturnya.

Lebih lanjut Gupta menuturkan bahwa Jakarta, Yogyakarta dan Bandung muncul sebagai tiga destinasi utama dari seluruh pelanggan OYO di Indonesia.

Pemesanan terbanyak berasal dari pasangan sebanyak 85,88%. Lalu, diikuti oleh solo travelers 13,77%, dan keluarga berjumlah 0,35%.

Baca Juga: Okupansi Hotel di Bali Terpengaruh Kenaikan Harga Tiket Pesawat

Meskipun terdapat tren kenaikan harga pada tiket penerbangan domestik, menurutnya masih banyak masyarakat Tanah Air yang telah merencanakan liburan singkat pada kuartal I-2019.

“Setelah menyaksikan tren pemesanan yang memuaskan pada kuartal pertama, kami sangat yakin akan melihat kenaikan pemesanan yang signifikan selama liburan Hari Raya Idul Fitri,” pungkas Rishabh Gupta dengan penuh rasa optimistis.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda