Pasar Perkantoran Asia Tenggara Kompetitif, Harga Sewa Relatif Terjangkau

Konsultan real estat global, JLL, memaparkan biaya sewa ruang kantor premium di Jakarta menempati peringkat ke-55 dari seluruh dunia.

harga sewa perkantoran asia tenggara, JLL Indonesia, James Taylor
Gedung perkantoran di Jakarta. (Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Lima kota di Asia Tenggara masuk ke daftar peringkat 86 penyewaan kantor premium termahal di dunia.

Konsultan real estat global, JLL membandingkan biaya hunian untuk bangunan kantor premium di seluruh pasar real estate terkemuka di dunia.

Berdasarkan data dari konsultan real estat global, JLL, yang dilansir Kamis (20/02/2020), Singapura berada di peringkat ke-14 dengan tarif sewa perkantoran yang mencapai USD117 per tahun per meter persegi.

Baca Juga: Pasok Melimpah, Pasar Perkantoran Sewa Jakarta Masih Tertekan

Harga sewa properti tersebut menurut JLL, setengah lebih sedikit dari harga sewa perkantoran premium di pusat distrik Hong Kong, yang merupakan submarket termahal menurut edisi kelima dari Premium Office Rent Tracker (PORT).

Adapun harga sewa gedung perkantoran di beberapa kota lainnya di kawasan Asia Tenggara secara umum memiliki tarif yang lebih kompetitif.

Kota Ho Chi Minh menempati posisi ke-38 dengan harga sewa gedung perkantoran USD78 per meter persegi.

Kemudian disusul Jakarta yang berada di posisi 55, dengan tarif sewa ruang mencapai USD60 per meter persegi, serta Kota Manila yang memiliki harga sewa ruang USD54 per meter persegi.

Baca Juga: Prediksi 5 Tren Properti Tahun 2020 yang Wajib Diperhatikan Investor

James Taylor, Head of Research JLL Indonesia, menerangkan harga sewa kantor di kota-kota besar di Asia Tenggara, termasuk Jakarta, kini tengah bersaing dengan Singapura untuk menjadi Silicon Valley berikutnya.

Hal itu didasari oleh ekosistem perusahaan start-up teknologi yang sedang tumbuh dengan cepat dan menjadi daya tarik baru bagi sebagian penanam modal dan investor ekuitas swasta dari Singapura.

“Sebagai negara dengan populasi nomor 4 terpadat di dunia dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia adalah pasar pertumbuhan besar bagi perusahaan-perusahaan teknologi dan operator co-working space,” jelas Taylor.

Lebih lanjut dia mengatakan, pertumbuhan ini pada akhirnya membawa Kota Jakarta menjadi lebih kompetitif dan dapat bersaing dengan Singapura dalam hal pusat investasi di Asia.

Baca Juga: Investasi Real Estat Asia Pasifik Tahun 2020 Akan Ungguli Wilayah Lain

James Taylor berujar secara global sektor perbankan dan industri keuangan terus menjadi penghuni utama untuk ruang kantor premium.

Sedangkan berkembangnya perusahaan-perusahaan berbasis teknologi, seperti Shopee, Razer dan Grab, turut pula mendorong permintaan akan permintaan ruang perkantoran premium.

“Permintaan dari perusahaan-perusahan teknologi seperti itu, meningkat tajam pada
periode 2017 hingga 2019 dan diharapkan pertumbuhan pasar sewa perkantoran lebih dapat berlanjut di tahun 2020 ini,” pungkas James.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda