Pastikan 5 Bagian Rumah Ini Aman Saat Musim Hujan Datang

Bergantinya musim kemarau ke musim penghujan, acap kali berdampak pada kesehatan bangunan rumah secara keseluruhan. Maka, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa bagian hunian ini.

tips rumah ketika musim hujan, musim hujan, atap rumah, talang air
Ilustrasi bagian atap rumah yang diguyur hujan. (Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Memasuki awal November, deraian air hujan telah jatuh di sejumlah wilayah Jabodetabek beberapa hari ini. Kemungkinan, hal ini menandakan tak lama lagi musim hujan akan segera datang.

Bergantinya musim kemarau ke musim penghujan, acap kali berdampak pada kesehatan bangunan rumah. Bagian-bagian hunian, seperti atap rumah dan dinding, rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan perubahan cuaca tersebut.

Nah Hokie People, mumpung intensitas hujan belum meningkat, cobalah untuk memeriksa kembali dan melakukan renovasi apabila terdapat bagian yang rusak pada rumah Anda.

Baca Juga: Waspada Saat Musim Hujan, Ini Tips Mengatasi Kebocoran Atap Rumah

Lantas, bagian rumah mana sajakah yang perlu diperhatikan ketika musim hujan tiba. Simak pembahasan tips-nya berikut ini.

Atap rumah
Selaiknya payung yang memberi naungan pada penggunanya, atap rumah pun berfungsi melindungi penghuni rumah di dalamnya. Oleh karena itu, kondisi atap rumah yang baik dan tidak bocor menjadi penting.

Untuk itu, periksalah bagian atap hunian secara seksama. Apakah ada yang bergeser ataupun bocor. Periksa juga ceiling di semua ruangan untuk memastikan tidak ada noda coklat, tanda rembesan air karena atap bocor.

Baca Juga: Bagaimana Mengatasi Pintu Rumah Memuai Saat Musim Hujan? Ini Solusinya

Talang air
Setelah memeriksa atap rumah, cobalah untuk beralih kepada bagian talang air. Pastikan tidak ada sampah atau lumut yang menumpuk di pipa, agar aliran air hujan dapat mengalir dengan lancar.

Cobalah periksa juga ujung pipa talang air untuk memastikan tidak adanya sampah yang menyumbat. Jika terdapat sampah, segera bersihkan.

Pastikan area yang lebih rendah aman
Jika Anda memiliki area yang lebih rendah di rumah, seperti ruang bawah tanah, segeralah periksa setiap sudutnya untuk memastikan tidak ada bagian yang bocor dan tidak ada rembesan air.

Baca Juga: Tips Mengatasi Genangan Air di Rumah Ketika Musim Hujan Tiba

Apabila permukaan hunian tapak Anda lebih rendah dari jalanan, periksa saluran air di sekitar lingkungan rumah. Antisipasilah dengan membersihkan selokan dari sampah, agar air hujan tidak membanjiri area dalam rumah.

Bersihkan saluran air
Untuk mengantisipasi banjir yang kemungkinan terjadi, ada baiknya sejak saat ini Anda membersihkan selokan di depan rumah. Periksa setiap saluran air disekitar rumah untuk memastikan tidak ada lagi sampah plastik atau daun kering yang menumpuk.

Rapikan pohon di depan rumah
Pohon rindang di depan rumah memang sangat membantu untuk melindungi dari teriknya sinar matahari serta mampu menyediakan udara segar.

Namun, pertimbangkanlah dahan yang menjuntai ke atap rumah Anda. Rapikan dahan pohon tersebut, agar tidak merusak bagian atap hunian Anda ketika musim hujan nanti.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda