Pembangunan Hunian Subsidi untuk MBR Capai 945.161 unit

Kementerian PUPR berharap dukungan dari berbagai pihak agar pelaksanaan Program Sejuta Rumah pada tahun 2020 ini bisa ditingkatkan lagi.

Program Sejuta Rumah, Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid, Hunian Subsidi
Pembangunan Program Sejuta Rumah. (Foto: dok Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan bahwa pembangunan hunian subsidi untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) telah mencapai 945.161 unit.

Sedangkan untuk pembangunan rumah untuk non MBR berdasarkan data yang dimiliki Kementerian PUPR telah mencapai 312.691 unit.

Dalam siaran pers yang dirilisi Sabtu (04/01/2020), Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan dengan jumlah tersebut mampu menambah perolehan pembangunan dalam Program Sejuta Rumah.

Baca Juga: Kementerian PUPR Siapkan Langkah Tangani Banjir Jakarta dan Sekitarnya

“Alhamdulillah capaian Program Sejuta Rumah hingga tanggal 31 Desember 2019 kemarin
angkanya telah mencapai 1.257.852 unit rumah,” ujar Khalawi.

Jumlah tersebut terdiri dari hunian yang dibangun oleh Kementerian PUPR, sebanyak 344.014 unit rumah. Dengan rincian, rumah susun 2.161 unit; rumah khusus 1.955 unit; rumah swadaya 235.907 unit; serta Dana Alokasi Khusus (DAK) perumahan sebanyak 103.991 unit.

Selain itu, Khalawi mengatakan sejumlah lembaga pemerintah pun juga ikut melakukan pembangunan perumahan untuk masyarakat yang jumlahnya mencapai 52.176 unit rumah.

Baca Juga: Kementerian PUPR Harap Himperra Tingkatkan Pembangunan Rumah Subsidi

“Pemda pun ikut menyumbangkan angka yang cukup banyak. Jumlahnya mencapai 26.936 unit, yang terdiri dari pembangunan Rusun sebanyak 384 unit, pembangunan rumah baru masyarakat 7.125 unit dan peningkatan kualitas rumah sebanyak 19.427 unit rumah,” katanya.

“Dalam Program Sejuta Rumah ini jumlah pembangunan rumah MBR mencapai 75 persen dari jumlah pembangunan sedangkan sisanya 25 persen adalah rumah non MBR,” terangnya.

Dia menjelaskan, capaian program perumahan rakyat tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh pemangku kepentingan seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengembang perumahan, perbankan, sektor swasta dan masyarakat.

Baca Juga: Permudah Penyaluran KPR Subsidi, Kementerian PUPR Rilis Aplikasi SiKasep

Oleh karenanya, Kementerian PUPR berharap dukungan dari berbagai pihak untuk pelaksanaan Program Sejuta Rumah pada tahun 2020 ini bisa ditingkatkan lagi.

“Kami berharap tahun ini pembangunan hunian untuk masyarakat pada Program Sejuta rumah minimal bisa sama seperti tahun 2019 lalu. Hal itu mengingat kebutuhan rumah bagi masyarakat yang terus meningkat setiap tahunnya,” tandas Khalawi Abdul Hamid.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda