Pembangunan Kembali Pasar Senen Blok 1-2 Telan Biaya Rp900 Miliar

PT Pembangunan Jaya secara resmi telah melakukan groundbreaking untuk membangun kembali gedung Pasar Senen Blok 1 dan 2.

Grounbreaking Pasar Senen Jaya Blok 1 dan 2, PT Pembangunan Jaya, Pasar Senen, konsep TOD Pasar Senen
Grounbreaking Pasar Senen Jaya Blok 1 dan 2. (Foto: dok. PT Pembangunan Jaya)

RumahHokie.com (Jakarta) – PT Pembangunan Jaya akan menggelontorkan dana sebesar Rp900 miliar untuk mendirikan ulang gedung Pasar Senen Blok 1 dan 2 yang beberapa tahun lalu terbakar.

Besaran nilai investasi itu akan digunakan oleh Pembangunan Jaya untuk membangun gedung Pasar Senen Jaya Blok 1 dan 2, setinggi 6 lantai yang merangkum 2.087 unit kios berukuran 6 meter serta lahan parkir.

“Kami merasa keberadaan Pasar Senen perlu dijaga dan di bangun ulang dengan kualitas dan fasilitas yang lebih baik, aman dan nyaman,” kata Suhardiman, Manager Proyek, Pasar Senen Jaya 1 dan 2,sesaat setelah groundbreaking ceremony dilangsungkan, Rabu, (20/11/2019) lalu di Jakarta Pusat.

Baca Juga: Pembangunan Jaya Mulai Bangun Pasar Senen Blok 1 & 2, Hadirkan Konsep TOD

Pada awalnya, Pembangunan Jaya berencana untuk ekspansi dengan membangun Pasar Senen Blok 5 terlebih dahulu.

Suhardiman menambahkan, namun pihaknya melihat bahwa membangun kembali Pasar Senen Jaya 1 dan 2 dirasa jauh lebih penting saat ini, terutama bagi para pedagang lama yang sudah dari dulu berjualan di area tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Dodit Hardianto, Manager Pemasaran, Pasar Senen Jaya 1 dan 2, menjelaskan para pedagang lama pun hanya akan dikenai biaya sewa sesuai dengan tarif yang dikenakan pada mereka dulu.

Baca Juga: Bintaro Jaya Xchange Mulai Pembangunan Mixed Use Fase Kedua

“Kami memberi kesempatan pedang lama untuk memilih kiosnya terlebih dahulu. Tidak ada penyesuaian harga bagi pedagang lama, meskipun nantinya menjadi gedung baru,” terangnya.

Ia mengatakan, dari total unit kios yang tersedia, saat ini okupansi kios Pasar Senen Blok 1 dan 2 telah tersewa sebanyak 40%.

Dodit memaparkan, harga sewa kios Pasar Senen Blok 1 dan 2 berkisar antara Rp44 juta hingga Rp130 juta per meter persegi, dengan periode sewa per 20 tahun.

Baca Juga: Demi Rusunawa, Penampungan Pedagang Pasar Rumput Akan Dibongkar

“Kami menetapkan skema kontrak sewa kios dalam tiga cara. Ada cash, kemudian bisa dicicil enam kali serta pembayaran tunai secara bertahap hingga 36x,” ujar Dodit Hardianto.

Sebagai informasi tambahan, Pasar Senen sudah menjadi pusat perekonomian dan hiburan sejak masa Gubernur Ali Sadikin pada tahun 1960.

Dalam perkembangannya, wajah Pasar Senen serta kawasan di sekelilingnya senantiasa berubah dan menyimpan banyak kisah, termasuk rencana pembangunan gedung tersebut dengan konsep Transit Oriented Development (TOD).

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda