Pembangunan Rusun Atlet Kemayoran Lebih Cepat dari Target

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Rusun ini diselesaikan secara bertahap mulai Juni hingga Agustus 2017.

rusun atlet kemayoran 60 persen - kemenpupr - rumahhokie - dok
Rusun Atlet Kemayoran (Foto: Dok. KemenPUPR)

RumahHokie.com (Jakarta) – Hingga pertengahan Maret 2017, pembangunan Rumah Susun Atlet Asian Games yang dilakukan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) telah lebih dari separuh jalan.

Diperkirakan Rusun tersebut akan diselesaikan secara bertahap dan akan diuji terlebih dahulu sebelum dimanfaatkan sebagai wisma atlet yang akan berlaga di ajang Asian Games 2018 mendatang.

“Sampai bulan Maret ini, progres pembangunan Rusun atau Wisma Atlet Asian Games mencapai angka 66%,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin saat meninjau ke lokasi pembangunan Rusun Atlet di Kawasan Kemayoran, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Syarif menjelaskan, secara umum proses pembangunan Rusun tingkat tinggi tersebut masih sesuai dengan jadwal pembangunan yang telah ditetapkan.

Pihaknya terus mendorong para kontraktor untuk bekerja lebih cepat sehingga Rusun tersebut dapat selesai tepat waktu.

“Sementara jadwal pembangunannya masih on the track, karena targetnya di bulan Maret ini sebenarnya 64%. Sekarang sudah 66%,” katanya.

Mampu Tampung 10.000 Atlet
Selain mempersiapkan bangunan Rusun tersebut, imbuh Syarif, pihaknya saat ini juga sedang mempersiapkan meubelair seperti tempat tidur, lemari pakaian, serta meja dan kursi untuk mengisi unit-unit Rusun tersebut.

“Pengadaan meubelair Rusun tersebut masih dalam proses tender. Minggu ini akan ada pengumuman pemenang tendernya. Diperkirakan pengadaan meubelair tersebut sesuai jadwal akan selesai bersamaan dengan selesainya pembangunan Rusun ini,” terangnya.

Syarif menambahkan, nantinya setiap unit Rusun akan mampu menampung dua orang atlet. Sekitar 10 ribu atlet nantinya bisa menempati Rusun atlet tersebut disamping para petugas pendamping dari setiap negara serta para jurnalis yang meliput kegiatan tersebut.

Berdasarkan data Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan yang bertugas untuk membangun Rusun ini, penyelesaian Rusun tersebut akan diselesaikan secara bertahap mulai Juni hingga Agustus 2017.

Rusun setinggi 18 lantai ini diperkirakan selesai Juni 2017, Rusun 24 lantai rampung Juli 2017 dan Rusun 32 lantai selesai di Agustus 2017.

“Sebelum serah terima Rusun ini kami akan melakukan uji coba semua komponen, seperti saluran listrik,  pompa air dan seluruh prasarana pendukungnya,” pungkasnya.

Anto Erawan 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda