Pemda Kunci Kesuksesan Program Sejuta Rumah

Peran Pemda dalam pelaksanaan Program Sejuta Rumah ini sejalan dengan amanat UU No 1 tahun 2011 untuk memfasilitasi penyediaan rumah MBR.

lahan - pembangunan rumah subsidi - kemenPUPR - rumahhokie - dok3
Dok. KemenPUPR

RumahHokie.com (Jakarta) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) berharap momentum Hari Perumahan Nasional (Hapernas) yang jatuh pada tanggal 25 Agustus dapat mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk lebih berperan dan berkontribusi dalam Program Sejuta Rumah.

“Program Sejuta Rumah bukan tugas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sendiri, tapi bersifat lintas kementerian dan tentunya melibatkan para stakeholder bidang perumahan seperti pengembang, perbankan dan masyarakat itu sendiri, termasuk pemerintah daerah (pemda),” papar Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, KemenPUPR, Lana Winayanti dalam siaran pers yang dirilis KemenPUPR.

Baca Juga: Peran Pemda dalam Pengadaan Perumahan Rakyat Belum Memadai

Peran Pemda dalam pelaksanaan Program Sejuta Rumah ini sejalan dengan amanat UU No 1 tahun 2011 untuk memfasilitasi penyediaan rumah MBR.

“Peran pemda terkait pembangunan rumah bagi MBR ditegaskan oleh PP Nomor 64 Tahun 2016. Di dalam PP ini, ada amanat yang harus dilaksanakan oleh Pemda, yaitu terkait dengan penerbitan sertifikat laik fungsi bagi rumah MBR,” jelasnya.

Baca Juga: Dukung Program Sejuta Rumah, Pemda Wajib Lakukan Pelayanan Satu Pintu

Lana mengakui, hal ini sekarang belum banyak berjalan, tapi ke depan amanat ini harus dilaksanakan oleh Pemda dan nantinya Pemda harus memilki kapasitas untuk melaksanakan tugas ini atau dengan kata lain pemda harus memiliki sumber daya manusia yang mumpuni yaitu tenaga ahli bangunan yang akan mendapatkan pembinaan teknis dari Pemerintah Pusat.

Kunci Ada di Pemda
Lana menyatakan, kunci keberhasilan Program Sejuta Rumah ada di Pemda. Pemda juga harus dapat menjaga ketersediaan tanah bagi rumah MBR.

“Ke depan, pemerintah juga akan meluncurkan skema baru pembiayaan perumahan untuk memfasilitasi MBR Sektor Informal dalam memenuhi kebutuhan mereka melalui KPR Swadaya. Semoga dengan adanya Skema baru ini dapat mendorong percepatan pencapaian Program Sejuta Rumah,” urai Lana.

Baca Juga: Pemda Harus Menjamin Ketersediaan Lahan Rumah Subsidi

Lebih lanjut dia mengatakan, Program Sejuta Rumah mendapat perhatian dari kantor Wakil Presiden.

“Beberapa hari yang lalu, kami mengadakan rapat bersama Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Ekonomi dan Keuangan membicarakan tentang rencana pembentukan Tim Koordinasi Percepatan Pembangunan Perumahan MBR dan juga rencana Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 55 Tahun 2017 yang merupakan tindak lanjut dari PP No. 64 tahun 2016,” ungkap Lana.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda