Pemerintah Kembangkan Sistem Informasi Perumahan Berbasis Daring

Guna mempermudah masyarakat mengakses program perumahan, KemenPUPR) menyiapkan sistem informasi perumahan terkait pengusulan bantuan di sektor perumahan.

rumah-sederhana-subsidi-cileungsi-bogor-rumahhokie-by-anto-erawan
Perumahan subsidi di Cileungsi, Bogor (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Guna mempermudah masyarakat maupun Pemerintah Daerah untuk mengakses berbagai program perumahan yang dilaksanakan oleh pemerintah, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menyiapkan sistem informasi perumahan terkait pengusulan bantuan di sektor perumahan.

“Berbagai sistem informasi perumahan yang dikembangkan oleh Ditjen Penyediaan Perumahan sudah cukup baik. Tapi sistem tersebut ke depan harus bisa mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi yang riil tentang hasil pembangunan perumahan yang ada saat ini,” jelas Sekjen KemenPUPR, Anita Firmanti di sela-sela Pameran Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) Kementerian PUPR Expo 2016.

Pameran yang diselenggarakan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian PUPR tersebut dilaksanakan 17 – 18 November 2016 dan diikuti oleh seluruh unit organisasi di lingkungan Kementerian PUPR.

Para peserta pun menampilkan berbagai TIK yang mereka miliki saat ini khususnya terkait program pembangunan infrastruktur dan perumahan rakyat.

Pada pameran TIK tersebut, Ditjen Penyediaan Perumahan menampilkan beberapa sitem informasi berbasis daring (online), seperti Sistem Informasi Usulan Bantuan Program Perumahan (SIBARU), Sistem Pendataan Rumah Swadaya di www.datartlh.perumahan.pu.go.id yang merupakan upaya pemerintah untuk melakukan pendataan rumah tidak layak huni, e-housing sebagai pusat data informasi perumahan, serta www.sejutarumah.id yang merupakan salah satu portal informasi rumah bersubsidi.

Anita mengungkapkan, pemanfaatan TIK dalam pembangunan infrastruktur maupun perumahan  rakyat harus dapat mempermudah masyarakat mengakses informasi dengan cepat. Selain itu TIK juga dapat sebagai sarana untuk mendekatkan kementerian PUPR dengan masyarakat dan Pemda sehingga informasi yang ditampilkan harus jelas dan menunjukkan bahwa pemerintah bekerja sebagai pelayan masyarakat.

Terkait TIK bidang perumahan, Anita juga mengharapkan agar sistem dan teknologi informasi yang ada juga perlu menggandeng para pengembang perumahan agar mereka bisa berpartisipasi secara aktif memberikan informasi rumah yang mereka bangun khususnya rumah bersubsidi dalam Program Sejuta Rumah.

Dengan demikian masyarakat akan sangat terbantu untuk mencari dimana saja lokasi rumah bersubsidi, harga jualnya, lokasi rumahnya serta kontak pengembang yang membangun perumahan tersebut.

“Yang penting dengan sistem yang akan terus dikembangkan ini masyarakat dimanapun mereka berada bisa dengan mudah mencari rumah-rumah subsidi yang di bangun pengembang perumahan. Lokasinya dimana, harganya berapa, berapa unit yang dibangun, dan siapa kontak pengembangnya itu yang harus ditindaklanjuti,” tuturnya.

Anto Erawan

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda