Pemerintah Mulai Bangun 25 Rusus untuk Nelayan di Kepulauan Riau

Pembangunan rumah khusus ini dilaksanakan dengan menggunakan dana APBN Tahun Anggaran 2019, dengan biaya sebesar Rp2,9 miliar.

Rumah untuk Nelayan, Kementerian PUPR, Kepulauan Riau, hunian subsidi
(Foto: dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kementerian PUPR segera mewujudkan pembangunan dari program rumah khusus (Rusus) yang diperuntukan bagi nelayan di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Pelaksanaan pembangunan rumah khusus untuk nelayan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan di Desa Keton, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, yang dilaksanakan pada Senin, (22/07/2019).

“Kami akan segera memulai pembangunan rumah khusus untuk para nelayan di Kabupaten Lingga. Jumlahnya sekitar 25 unit rumah,” ujar Zufri Zetkas, Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Kepulauan Riau Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR.

Baca Juga: Dorong Perumahan Berbasis Komunitas, Kementerian PUPR Kenalkan BPS Land Palembang

Lebih lanjut Zufri menerangkan, pembangunan Rusus ini dilaksanakan dengan menggunakan dana APBN Tahun Anggaran 2019, dengan anggaran biaya sebesar Rp2,9 miliar.

Adapun proses pembangunannya akan dilaksanakan oleh PT Karya Jaya Pratama dan CV. Vistatama Multi Engineering Consultant, dengan tipe bangunan 28 Kopel.

Menurutnya, Pemerintah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan para nelayan yang ada di kawasan pesisir pantai di Kepulauan Riau.

Baca Juga: Kementerian PUPR Bantu Komunitas Pedagang Bakso dan Tahu untuk Miliki Rumah Layak

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan terus mendorong terlaksananya Program Sejuta Rumah, sebagai upaya mengurangi backlog perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Nelayan, imbuh Zufri, merupakan salah satu target penerima manfaat pembangunan Rusus ini. Sedangkan tanah yang digunakan sebagai lokasi pembangunan Rusus, disediakan oleh pemerintah daerah setempat.

“Kami ingin agar para nelayan di Indonesia dapat menempati rumah yang layak huni. Untuk itu, kami melibatkan peran serta masyarakat, kecamatan dan pemerintah kabupaten dalam hal menyiapkan tanah dan lahan untuk pembangunan Rusus ini,” kata Zufri.

Baca Juga: Kementerian PUPR Lindungi Konsumen Rumah Subsidi Lewat Sistem Registrasi Pengembang (Sireng)

Sementara itu, Bupati Kabupaten Lingga yang diwakili oleh Asisten III Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Lingga, Siswandi, menyatakan bahwa Pemda setempat sangat menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan pembangunan Rusus nelayan ini.

“Kami harap dengan dibangunnya Rusus ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat hunian bagi masyarakat nelayan, khususnya untuk warga Desa Keton,” pungkas Siswandi.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda