Pemerintah Pusat Resmikan Tiga Rusun Santri Ponpes di Kediri

Pembangunan ketiga Rusun untuk para santri ini bertujuan untuk mendorong pemerataan serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan di pondok pesantren.

Rusun Santri di Kediri, Kementerian PUPR, Rusun Ponpes Hidayatullah Mubtadiin Lirboyo di Kota Kediri, Ponpes Al Amin dan Al Falah Plos
Peresmian rumah susun (Rusun) untuk santri di Kediri, Jawa Timur. (Foto: dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Jakarta) – Pemerintah Indonesia meresmikan tiga rumah susun (Rusun) untuk santri di Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu (15/02/2020) lalu.

Ketiga hunian vertikal yang diresmikan itu antara lain Rusun Ponpes Hidayatullah Mubtadiin Lirboyo di Kota Kediri, Ponpes Al Amin dan Al Falah Ploso, Jawa Timur.

Pembangunan ketiga Rusun untuk para santri itu bertujuan untuk mendorong pemerataan serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan di pondok pesantren.

Baca Juga: KemenPUPR Serahkan Pengelolaan Rusun Pasar Rumput ke Pemprov DKI Jakarta

Peresmian rusun santri tersebut dihadiri Menteri PUPR, M Basuki Hadimoeljono; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Sekretaris Kabinet Republik Indonesia, Pramono Anung Wibawa; Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Khalawi Abdul Hamid; dan Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak

Dalam kata sambutannya, Pramono Anung mengatakan dirinya berharap pola-pola pembangunan seperti ini terus dilanjutkan.

Apalagi berdasarkan laporan yang ada, kebutuhan akan hunian bagi para santri di pondok pesantren sangat diperlukan.

Baca Juga: Basuki Resmikan Rusunawa Mahasiswa Universitas Padjajaran Jatinangor

“Kalau satu Rusun saja tentu tidak akan cukup. Untuk itu pemerintah pusat akan semaksimal mungkin untuk membantu pembangunan rusun bagi santri,” terang Pramono.

Menurut dia, fasilitas pendukung pendidikan di Pondok Pesantren sebisa mungkin
harus diperhatikan dengan baik, termasuk hunian untuk santri.

Pramono mengatakan, guna mendukung pendidikan di Ponpes tentunya pemerintah secara khusus akan terus memfasilitasi hal tersebut.

“Kami siap membantu Rusun di Ponpes karena dananya memang ada. Kalau dulu bangunan Rusun dan Pondoknya terpisah-pisah, sekarang dibangunkan sampe fasilitasnya lengkap dan jadi termasuk tamannya juga,” kata dia.

Baca Juga: Rampung di 2020, Rusunawa Paspampres Dilengkapi Area Parkir Panser

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menjelaskan, dengan adanya pembangunan satu tower Rusun tersebut diharapkan bisa membantu para santri untuk mendapatkan tempat tinggal atau asrama yang layak.

“Guna menambah kenyamanan, Rusun dilengkapi dengan instalasi listrik, air bersih, serta perangkat furnitur pada masing unit untuk para santri,” ujar Basuki.

Berdasarkan data dari Kementerian PUPR, masing-masing Rusun tersebut dibangun seluas 289,71 meter persegi. Rumah susun tersebut terdiri dari satu tower dengan dua lantai.

Disetiap lantainya, terdiri dari dua barak. Rusun ini diperkirakan dapat menampung sebanyak 88 orang santri.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda