Pengembang Apartemen Masih Aktif Mempersiapkan Produk Baru Ditengah Pasar yang Lesu

Berdasarkan survei yang dilakukan JLL Indonesia, pada kuartal I-2019 terdapat 154.000 unit apartemen yang telah masuk ke pasaran.

Pasar apartemen Jakarta, JLL Indonesia,
(Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Konsultan real estat global, JLL Indonesia memaparkan aktifitas penjualan apartemen di Jakarta pada awal tahun 2019 belum menunjukkan peningkatan. Meskipun demikian, sejumlah pengembang properti masih cukup aktif dalam mempersiapkan produk-produk baru.

Vivin Harsanto, Head of Advisory JLL Indonesia menjelaskan hal ini terlihat dari adanya dua apartemen baru kelas menengah-atas di Jakarta Selatan yang diluncurkan pada kuartal I-2019, yakni Branz Mega Kuningan dan Pollux Sky Suites.

“Saat ini, tidak hanya developer swasta lokal maupun dan asing, namun pengembang BUMN mulai turut serta dalam memberikan warna dalam bisnis properti dengan melakukan pengembangan dan optimalisasi aset,” ujar Vivin saat jumpa pers, beberapa waktu lalu di Gedung BEI Jakarta.

Baca Juga: Hingga Kuartal IV-2018, Sebanyak 4.000 Unit Apartemen di Jakarta Terjual

Berdasarkan survei yang dilakukan JLL Indonesia, pada kuartal ini terdapat 154.000 unit apartemen yang telah masuk ke pasaran. Mereka memperkirakan akan ada pasok baru sebanyak 47.000 unit selama tahun 2019 ini.

Sedangkan dari sisi penjulan, terdapat 824 unit apartemen yang sudah laku pada periode ini. Konsultan properti itu mencatat, akan ada pasok apartemen baru sebanyak 676 unit.

Dalam kesempatan yang sama, James Taylor, Head of Research JLL Indonesia menambahkan, hingga saat ini tingkat penjualan relatif melambat, karena banyak pihak yang masih menunggu dan melihat terkait tren kondisi setelah Pemilu 2019 serta masih adanya stok unit lama yang belum terjual.

Baca Juga: Investasi Properti Komersial Asia Pasifik Diperkirakan Naik 5% Pada 2019

“Tingkat penjualan apartemen di Jakarta saat ini berada di angka 60%, dengan pergerakan harga yang kami lihat masih stagnan. Diharapkan kondisi ini akan membaik di masa datang,” ujarnya.

Tangerang Mendominasi Suplai Apartemen
Selain melaporkan perkembangan terkini pada pasar apartemen Jakarta, hasil survei JLL Indonesia juga menunjukkan bahwa wilayah Tangerang dan sekitarnya mendominasi dalam hal suplai apartemen.

James Taylor mengatakan sebanyak 54% suplai apartemen berada di kawasan Tangerang dan sekitarnya. Selanjutnya diikuti wilayah Bekasi 22%, kemudian Depok 16%, dan Bogor sebanyak 8%.

Baca Juga: Harga Sewa Ritel di Sekitar MRT Alami Kenaikan 20%

Terdapat dua proyek apartemen baru di Tangerang yang launching sepanjang kuartal I-2019. Proyek pertama yakni, Sky House Alam Sutera – Acacia garapan pengembang Country Garde, yang akan menambah pasok baru sebesar 900 unit.

Kemudian terdapat pula proyek apartemen The Burj Milenia 1, yang akan menyumbang pasok baru sebanyak kurang lebih 500 unit.

“Kami melihat, banyak orang yang suka tinggal di Tangerang, Bekasi, Depok, dan Bogor. Hal itu dikarenakan fasilitas yang tersedia di apartemen tersebut. Termasuk perihal akses transportasi umum,” pungkasnya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda