Pengembang Asal Indonesia Jadi Tokoh Paling Berpengaruh di Australia

Iwan Sunito menjadi satu-satunya tokoh kelahiran Indonesia yang masuk dalam daftar 20 tokoh paling berpengaruh di New South Wales, Australia.

Iwan Sunito - Crown Group - rumahhokie - dok
Iwan Sunito, CEO Crown Group (Foto: Dok. Crown Group)

RumahHokie.com (Jakarta) – Iwan Sunito, pendiri dan CEO Crown Group—pengembang properti yang berbasis di Sydney, Australia—meraih pengakuan di Negeri Kanguru.

Adalah Southern Courier yang berafiliasi dengan News Corp Agency mendapuk pria kelahiran Surabaya ini dalam daftar 20 tokoh paling berpengaruh di New South Wales, Australia.

Baca Juga: Resep Iwan Sunito Dorong Kenaikan Harga Properti Besutan Crown

Iwan Sunito menjadi satu-satunya tokoh kelahiran Indonesia yang masuk dalam daftar Southern Courier yang menempatkan sosoknya di posisi ke-16 dalam daftar tersebut. Bahkan posisinya berada di atas Justin Hemmes, raja restoran terkenal di Sydney yang memiliki kekayaan Rp9,5 triliun.

“Iwan adalah figur yang bukan hanya membangun apartemen, tetapi memiliki visi ke depan. Iwan Sunito menciptakan sebuah kawasan hunian dimana kita bisa hidup dekat atau di atas semua hal yang kita butuhkan, seperti fasilitas kesehatan, supermarket bahkan bar dan restoran,” tulis Southern Courier tentang sosok pria yang besar di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah ini.

“Ternyata ‘Wong Jowo’ bisa juga berkompetisi di dunia luar.”

Dalam daftar 20 tokoh tersebut, masuk juga nama-nama terkenal seperti Lindsay Shurey (peringkat ke-10) Walikota Randwick, Michelle Simmons (7), seorang profesor di UNSW yang berhasil meraih gelar Australian of The Year berkat dedikasinya dibidang fisika kuantum, Sam Burgees (4) pemain rugby terkemuka, serta Harry Triguboff (2) orang terkaya kedua di Australia menurut Australian Financial Review dengan kekayaan Rp120 triliun. Harry Triguboff juga merupakan pendiri Meriton, perusahaan pengembang terbesar di Australia.

Hal yang menarik, hanya Iwan Sunito dan Harry Triguboff yang berasal dari industri real estat. Keduanya juga lahir di Asia: Iwan Sunito lahir di Surabaya, sementara Harry Triguboff lahir di Dalian, China.

Pencapaian Wong Jowo
Mengomentari pencapaian tersebut, Iwan Sunito mengungkapkan dirinya sangat terkejut saat pertama kali mendengar Southern Courier memasukkan namanya dalam daftar tersebut.

Baca Juga: Rambah Indonesia, Crown Group Bangun Proyek Perdana di Ancol

“Tentu saja hal ini sangat membanggakan, karena banyak nama-nama hebat dalam daftar tersebut yang telah memberikan kontribusi yang besar di kota Sydney. Sungguh sebuah kehormatan yang luar biasa,” tutur Iwan dalam siaran pers yang diterima RumahHokie.com.

Lebih lanjut Iwan memaparkan, hal ini merupakan bukti solid pengakuan publik terhadap apa yang telah dilakukan Crown Group.

“Ternyata ‘Wong Jowo bisa juga berkompetisi di dunia luar,” pungkas Iwan.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda