Perbaikan Rumah Terganjal Biaya, Coba Ajukan Kredit Renovasi

Persyaratan mendapatkan kredit renovasi hampir sama seperti mengajukan KPR. Perbedaannya, jangka waktu cicilan flexible dan suku bunganya lebih rendah.

renovasi-rumahhokie-dedy mulyadi-dok
Pada dasarnya, persyaratan mendapatkan kredit renovasi hampir sama layaknya seperti mengajukan KPR.

RumahHokie.com (Jakarta) – Memanfaatkan kredit satu ini mungkin bisa menjadi solusi bagi Anda yang berencana merenovasi rumah, namun belum memiliki dana yang cukup.

Ya, saat ini memang banyak perbankan yang membidik segmen itu, guna memberikan solusi terbaik kepada nasabahnya.

Produk tersebut dikenal dengan kredit multiguna, pinjaman dana segar dari bank yang dapat digunakan beragam keperluan, dalam hal ini dapat dimanfaatkan nasabah yang membutuhkan pendanaan renovasi rumah.

Baca juga: Hanya Dengan Rp123 Juta, Anda Bisa Punya Rumah di Kota Maja

Beberapa keunggulan kredit ini diantaranya, suku bunga yang ditawarkan kompetitif dan biasanya lebih rendah dari bunga KPR.

Jenis pinjaman ini memiliki nilai kredit yang bebas. Beberapa perbankan bahkan berani mengucurkan kredit mulai dari belasan juta rupiah hingga miliaran rupiah.

Selain itu, jangka waktunya flexible sampai dengan 10 tahun. Konsumen juga diberikan perlindungan asuransi jiwa kredit dan asuransi kebakaran.

Pengajuannya Sama Dengan KPR

Pada dasarnya, persyaratan mendapatkan kredit renovasi hampir sama layaknya seperti mengajukan KPR. Bank akan mengucurkan dana kredit renovasi berdasarkan jumlah rencana anggaran biaya (RAB) renovasi.

Biasanya, pihak perbankan akan memberikan 80% dana dari RAB yang Anda ajukan sebagai pinjaman.

Sebagai uang mukanya, nasabah diharuskan menyediakan sisa dana sebesar 20%. Kredit ini kemudian diangsur per bulan seperti cicilan KPR. Umumnya, besaran bunga setiap bank memiliki kebijakan masing-masing yang dianggap menarik bagi kreditur.

Menariknya lagi, pihak bank akan memberikan kemudahan cicilan dengan bunga tetap pada dua tahun pertama.

Pada tahun ketiga kredit berjalan, bunga angsuran akan menyesuaikan mengikuti suku bunga perbankan atau floating.

Untuk mendapatkan kucuran dana pinjaman, jaminan yang digunakan untuk pinjaman ini dapat berupa sertifikat rumah tinggal, apartemen, ruko, atau rukan milik Anda.

Berita terkait: Presiden Jokowi Resmikan 8.700 Rumah Pekerja dengan Uang Muka Rp1 Jutaan

Selain kredit renovasi, ada juga perbankan yang menerapkan kombinasi penawaran antara KPR dan kredit renovasi. Misalnya saja, KPR untuk membeli sekaligus merenovasi rumah.

Dengan sistem fasilitas tersebut, nasabah dapat memiliki dan langsung merenovasi rumahnya.

Jika sudah mengetahui detail prosedural pinjamannya, hal terakhir adalah menentukan bank pilihan yang menurut Anda sesuai.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda