Perlukah Membuat Ruang Bermain Anak di Rumah?

Ruang bermain anak di rumah tak selalu harus hadir dengan ukuran yang besar serta dihiasi oleh alat permainan yang mahal. Faktor terpenting, bisa mengakomodasi bagi tumbuh kembang sang buah hati secara baik.

Ruang Bermain Anak-RumahHokie.com-Istimewa-homedit
(Foto: homedit)

RumahHokie.com (Jakarta) – Dunia anak-anak selalu dipenuhi oleh kegiatan bermain.
Dengan bermain, mereka akan belajar berinteraksi, mengembangkan daya kreativitas serta kemampuan-kemampuan dasar lainnya.

Sebagian orang, tanpa ragu menyediakan ruang bermain untuk sang buah hati yang diisi oleh mainan yang lucu dan mendidik. Namun, mungkin sebagian kalangan lagi masih berpikir-pikir apa perlu menghadirkan arena bermain untuk anaknya di rumah.

Baca Juga: 5 Trik Menghadirkan Kamar Anak yang Ideal dan Nyaman

Hal itu tentunya sangatlah dimaklumi, karena untuk menghadirkan ruang bermain anak di rumah tak hanya memerlukan ketersediaan dana yang lebih, namun juga akan sedikit banyak ‘memangkas’ luasan ruangan.

Sebenarnya, arena bermain anak di rumah tak selalu harus hadir dengan ukuran yang besar serta dihiasi oleh alat permainan yang mahal. Faktor terpentingnya, bisa mengakomodasi bagi tumbuh kembang anak secara baik.

Terdapat beberapa kelebihan yang bisa didapatkan bila orang tua menghadirkan ruang bermain untuk anak di rumah. Berikut ini di antaranya.

Melatih tanggung jawab anak

Dengan adanya ruang bermain, para orang tua dapat mengajarkan anak-anaknya mengenai tanggung jawab. Mereka bisa mengajarkan buah hatinya bagaimana merapikan dan menjaga ruang bermain tersebut. Selain itu, melibatkan anak-anak untuk menata dan mendesain ruangan juga bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap arena bermain mereka.

Baca Juga: Manjakan Anak, Hadirkan Tema Animasi di Kamar Tidurnya

Ruang eksplorasi

Anak-anak membutuhkan ruang untuk bereksplorasi untuk mengembangkan daya kreasinya secara aman dan nyaman. Anda bisa menghadirkan ruangan bermain untuk mereka di rumah melalui rancangan interior yang dapat memenuhi kebutuhannya mereka saat bermain.

Disarankan, ruang bermain sebaiknya dipisahkan dengan kamar tidur. Hal tersebut dimaksudkan agar semua perangkat permainan mereka dapat tersimpan dengan rapi.

Mencegah kesan berantakan

Tanpa ruang khusus untuk bermain, berbagai mainan dan barang anak-anak dapat tercecer di setiap sudut rumah. Hal tersebut dapat membuat ruang terkesan berantakan. Kehadiran ruang bermain anak di rumah, dapat mencegah hal itu terjadi.

Karena semua mainan dan barang sudah terkumpul di satu area. Anda pun bisa dengan mudah saat mengumpulkan mainan yang tercecar dan membersihkan ruangan tersebut.

 

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda