Pertimbangkan 5 Hal Ini Ketika Berencana Membangun Kamar Mandi

Berbagai aspek perlu diperhatikan oleh sang pemilik hunian, agar terhindar dari permasalahan teknis yang mungkin saja muncul seiring penggunaan kamar mandi.

Pertimbangkan 5 Hal Ini Ketika Berencana Membangun Kamar Mandi
(Foto: decoist)

RumahHokie.com (Jakarta) – Membangun rumah, terutama bagian kamar mandi memang harus dipersiapkan secara matang dan terencana.

Berbagai aspek perlu diperhatikan oleh sang pemilik hunian, agar terhindar dari permasalahan teknis yang mungkin saja muncul seiring penggunaan kamar mandi.

Terdapat bermacam trik dan cara untuk bisa mendapatkan kamar mandi dengan fungsi optimal, sekaligus memiliki tampilan interior yang indah.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Kerak yang Menempel pada Shower Kamar Mandi

Berikut ini kami hadirkan beberapa tips yang bisa Hokie People terapkan dalam membangun kamar mandi impian.

Tentukan letak kamar mandi
Penentuan letak dan posisi kamar mandi merupakan hal pertama yang harus diperhatikan. Anda dapat memulainya dengan membuat sketsa kasar denah kamar mandi yang akan dibangun. Tentukan arah pintu kamar mandi, letak kloset, posisi keberadaan shower hingga letak wastafel.

Idealnya, kamar mandi harus berada di dekat ruangan lain dimana air sering digunakan, seperti tempat mencuci dan dapur, sehingga memudahkan dalam membuat perancangan pipa air dan jalur pembuangan.

Baca Juga: Kamar Mandi Transparan yang Hadirkan Area ‘Tak Berbatas’

Perhatikan luasan ruangan kamar mandi
Setelah menentukan letak dari kamar mandi, hal yang perlu juga menjadi perhatian adalah luasan dari area tersebut.

Dengan memperhatikan luasan ruangan kamar mandi, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai gaya desain atau rancangan seperti apa yang cocok untuk diterapkan pada luas kamar mandi yang Anda miliki.

Perhatikan kebutuhan anggota keluarga
Sebuah keluarga yang menggunakan kamar mandi memiliki kebutuhan berbeda dibandingkan dengan pasangan orang lanjut usia atau rumah yang hanya dihuni satu orang. Jadi, penting juga untuk menghitung jumlah anggota keluarga, ketika akan membangun sebuah kamar mandi.

Baca Juga: Inspirasi Warna Kamar Mandi yang Akan Ngetren di Tahun 2018

Sesuaikan pemilihan perabotan kamar mandi dengan kebutuhan
Hal lain yang juga perlu menjadi pertimbangan Anda ketika ingin membangun kamar mandi adalah perabotan kamar mandi (produk sanitary) yang akan digunakan.

Tak perlu mewah. Sesuaikan saja dengan kebutuhan penggunaan produk sanitary dan selera untuk keluarga Anda. Perlu perencanaan yang matang, agar Anda tak salah membeli produk sanitary dan elemen interior kamar mandi lainnya.

Hitung anggaran biaya
Jika semuanya telah dilakukan, langkah berikut yang juga perlu dilakukkan adalah hitung besaran biaya dari rancangan kamar mandi yang ingin Anda bangun secara rinci. Cobalah untuk mengutamakan fungsi ketimbang elemen estetis dari kamar mandi.

Agar dapat menghemat biaya, pertimbangkan pula untuk menggunakan beberapa material bangunan bekas, seperti kusen maupun daun pintu bekas bongkaran, namun masih laik pake, serta wastafel yang masih bisa digunakan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda