Perusahaan Ini Rancang Panel Surya Jendela untuk Penghuni Apartemen

Perangkat window Solar Charger tercipta dari gagasan bahwa setiap orang harus dapat menghasilkan energi bersih mereka sendiri.

solar panel, apartemen, inovasi panel surya
(Foto: Grouphug - Inhabitat)

RumahHokie.com (New York) – Grouphug, sebuah perusahaan teknologi asal New York, Amerika Serikat, baru saja merilis Window Solar Charger. Perangkat pengisi daya berbasis panel surya ini dirancang untuk penghuni apartemen yang ingin menghasilkan sendiri tenaga listrik mereka.

Window Solar Charger diluncurkan pada ajang Kickstarter. Solar panel jendela ini tercipta dari gagasan bahwa setiap orang harus dapat menghasilkan energi bersih mereka sendiri.

Dilansir dari Inhabitat, Senin (24/06/2019), pada dasarnya, perangkat pengisi daya ini merupakan bingkai bambu selebar 13 inci, dengan empat panel surya tipis.

Baca Juga: Mengesankan, Polinesia Akan Bangun Kota Terapung Pertama di Dunia

solar panel, apartemen, inovasi panel surya
(Foto: Grouphug – Inhabitat)

Pendiri dan perancang produk utama Grouphug, Krystal Persaud, menjelaskan ide panel surya ini tercipta dari betapa sulitnya saya mendapatkan energi matahari di apartemen sendiri untuk digunakan mengisi solar panel.

“Saya memutuskan untuk menciptakan pengisi daya bertenaga surya pribadi yang ditujukan untuk para penghuni apartemen yang ingin lebih berkelanjutan. Setelah bertahun-tahun frustrasi dengan betapa sulitnya mengadaptasi energi surya di apartemen  sendiri,” ujar Krystal.

Lebih lanjut, dia memaparkan bahwa pengisi daya berbasis surya ini dapat digantung di jendela unit apartemen maupun di rumah, untuk menyerap sinar matahari langsung yang akan menyalurkannya ke baterai di dalam bingkai.

Baca Juga: Berbagai Rancangan Lampu LED yang Terinspirasi Keindahan Alam

Krystal mengatakan, dengan menempelkan panel surya pada jendela kaca, pemilik unit hunian vertikal dapat memiliki kontrol lebih besar atas sumber daya energi yang dibutuhkan mereka.

Dia berujar, perangkat Window Solar Charger ini juga bisa digunakan disaat traveling untuk mendapatkan kebutuhan energi sendiri.

Baca Juga: Signify Luncurkan Sistem Pencahayaan yang Bisa Membantu Komunikasi Secara Nirkabel

“Panel surya ini dilengkapi dengan port USB frame yang dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat elektronik, seperti smartphone dan gadget lainnya, setelah terpapar sinar matahari sekitar 8 hingga 10 jam,” kata Krystal.

Dengan kondisi baterai yang penuh, solar panel mini ini dapat mengisi daya iPhone hingga dua kali serta ponsel Android sebanyak satu hingga satu-setengah kali.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda