Pilihan Material Ini Cocok, Untuk Manjakan Kaki Anda

Jenis material untuk diterapkan pada lantai outdoor bisa dipilih sesuai kebutuhan. Pilihlah material pas dan tentunya nyaman saat dipijak.

Untuk memanjakan tapak kaki Anda, sebaiknya pilih material yang nyaman, tidak mudah rusak dan estetis.

RumahHokie.com (Jakarta) – Bagi yang berniat menciptakan nuansa lebih fresh di halaman luar, Anda bisa melakukannya dengan mengganti tegel atau flooring pada lantainya. Untuk memanjakan tapak kaki Anda, sebaiknya pilih material yang nyaman, tidak mudah rusak dan estetis.

Dalam menentukan pilihan itu, ada banyak pilihan terutama untuk lantai outdoor selain berbahan aspal. Beberapa jenis material lantai berikut ini yang bisa jadi pilihan dan mampu membantu menciptakan area outdoor jadi terlihat menawan.

Beton
Beton adalah salah satu material lantai yang cukup populer untuk diadopsi di area outdoor. Lantai ini cenderung murah, kuat, tahan terhadap kondisi cuaca dan bersifat fleksibel untuk dicat atau dibiarkan polos.

Baca juga: Adopsi Aksesori Tak Terpakai, Cara Hemat Dekorasi Ruang

Agar menarik, Anda juga bisa mengaplikasikan dengan motif daun, bunga, atau desain yang rumit. Dalam mengaplikasikan lantai beton, Anda dapat memilih untuk menggunakan dua ide desain sekaligus, misalnya menerapkan cat sekaligus printing pada permukaan beton.

Batu bata
Seperti beton, lantai ini juga popular dan biasa digunakan di area luar. Fisiknya cukup tahan terhadap kondisi cuaca. Keunggulannya, bata memiliki traksi yang lebih baik ketimbang beton. Ketika basah, permukaannya tidak licin.

Selain itu, lantai berbahan batu bata lebih mudah diperbaiki. Jika ada bagian yang rusak, Anda cukup mengambil bagian tersebut dan menggantinya nya bari.

Material ini juga mudah untuk dibentuk menjadi pola yang menarik sesuai keinginan, seperti pola melengkung dan melingkar. Lantainya juga dapat dikombinasikan dengan bahan lain seperti batu alam dan beton.

Batu alam
Jenis material ini tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna. Karenanya dapat dibentuk menjadi pilihan yang ideal untuk diterapkan di lantai outdoor. Batu alam juga tahan terhadap kondisi cuaca. Harganya pun relatif terjangkau. Jenis ini dapat disusun di tanah menggunakan pola yang menarik, dapat dipadukan juga dengan material lain seperti batu bata dan beton.

Jenis batu alam yang cocok untuk lantai outdoor adalah marmer, batu tulis, granit dan travertine. Jenis batu alam yang pas, tidak licin dan nyaman untuk telapak kaki yaitu jenis batu tulis dan travertine. Batuan juga mampu memberikan traksi lebih baik.

Ubin karet
Jenis lantai ini cocok untuk outdoor flooring. Selain tidak licin untuk kenyamanannya, Anda bisa menambahkan bantalan. Lantai ini cocok diterapkan pada taman bermain anak-anak. Ubin karet juga mudah dipasang dan terpenting harga terjangkau.

Di pasaran, lantai ini tersedia dalam berbagai warna. Untuk memberi kesan ceria pada area outdoor, Anda dapat memilih ubin karet dengan dua kombinasi warna yang berbeda.

Lantai kayu
Jenis lantai ini juga sering dimanfaatkan sebagai pelapis lantai di area luar ruang. Jenis kayu yang biasa digunakan adalah mahoni, oak, jati dan pinus. Lantai ini mampu memberikan tampilan dan nuansa berbeda.

Anda yang berniat menerapkan lantai kayu, pastikan lantai tersebut terlindungi oleh dari sinar matahari langsung. Perlu diingat, bahan ini cenderung mudah lapuk dan rusak untuk area outdoor. Jika Anda pandai merawatnya, lantai kayu ini akan bertahan lama.

Menerapkan lantai ini tergolong mahal, begitu pula biaya instalasinya. Jenisnya pun tidak memiliki banyak motif, karena kayu sendiri sudah memiliki tekstur yang unik, dengan guratan yang khas.

Untuk menampilkan kesan alami, kebanyakan orang mempertahankan warna dan tampilan serat kayu. Dari beberapa jenis material lantai ini, semoga salah satu diantaranya menjadi pilihan yang menarik untuk diterapkan. Sehingga tampilan area ruang luar di rumah Anda terlihat menarik.

Selamat mencoba

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda