Pinjaman Dana Renovasi Rumah Melalui Online Semakin Meningkat

Bank Amar Indonesia mencatat penggunaan dana pinjaman melalui program Tunaiku, sebagian besar ditujukan untuk renovasi atap rumah, kamar mandi, dan dapur.

Renovasi rumah, Tunaiku
(Foto: dok. Tunaiku)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebagian pemilik rumah mungkin pernah mengalami masalah keterbatasan dana ketika ingin merenovasi hunian. Umumnya, mereka yang terganjal biaya renovasi akan memanfaatkan program kredit multiguna dari perbankan.

Namun, seiring dengan kemajuan teknologi muncul program peminjaman dana berbasis online yang kini semakin populer. Salah satunya adalah Tunaiku, program kredit tanpa agunan secara online dari Bank Amar Indonesia.

Menurut Managing Director Bank Amar Indonesia, Vishal Tulsian, data yang mereka miliki menunjukan bahwa nasabah Tunaiku sudah meminjam untuk tujuan yang produktif, seperti merenovasi rumah.

Baca Juga: Perbaikan Rumah Terganjal Biaya, Coba Ajukan Kredit Renovasi

Renovasi rumah menempati posisi pertama untuk tujuan peminjaman dana yang dilakukan masyarakat. Kemudian, disusul oleh pendidikan, kesehatan, modal usaha, dan juga perjalanan.

“Fenomena besarnya pinjaman untuk renovasi rumah menunjukan tren yang terus naik. Kini jumlah peminjam untuk renovasi rumah, mencapai hampir 90.000 nasabah. Angka tersebut hampir 50% dari total nasabah kami,” ujar Vishal, seperti dilansir dari siaran pers yang diterima RumahHokie.com, Kamis (21/02/2019).

Pada tahun 2019 ini, Bank Amar Indonesia mencatat penggunaan dana pinjaman itu sebagian besar ditujukan untuk perbaikan atap rumah, kamar mandi, dan dapur.

Vishal mengatakan, sebagian besar nasabah yang mengajukan pinjaman Tunaiku untuk digunakan renovasi rumah berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Baca Juga: Agar Dana Kredit Renovasi Rumah Tepat Sasaran, Perhatikan 5 Hal ini!

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa masyarakat yang mengajukan dana pinjaman untuk renovasi rumah berasal dari kalangan karyawan swasta, dengan rentang umur antara 21 tahun hingga 40 tahun serta pendapatan antara Rp3 juta hingga Rp10 juta.

Menurut Vishal, tren meningkatnya pengajuan dana untuk renovasi rumah melalui pinjaman berbasis online tak terlepas dari kemudahan yang ditawarkannya.

Baca Juga: Infografis: 7 Renovasi untuk Tingkatkan Nilai Jual Rumah Anda

“Cara ini (kredit online) tentu memudahkan masyarakat yang menginginkan pinjaman dengan waktu yang singkat dan proses yang sangat mudah. Dengan begitu, dana pinjaman tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk keperluan yang dapat meningkatkan produktivitas,” ujarnya.

Sebagai info tambahan, Bank Amar Indonesia dahulu bernama PT Anglomas International Bank yang didirikan pada 15 Maret 1991 di Surabaya. Kini mereka mengalami transformasi besar dengan mengandalkan financial technology (fintech) sebagai bisnis utamanya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda