Pintu Masuk Rumah Sesuai Aturan Feng Shui (Bagian 1)

Pintu utama adalah “mulut” untuk memasuki sebuah bangunan. Dari sinilah energi Qi (Chi) yang menjadi andalan feng shui diharapkan mengalir masuk.

show-unit-lakewood-nava-park-bsd-city-rumahhokie-anto-erawan-dok
Sebaiknya ketinggian Peil Lantai (+0.00) diangkat dari ketinggian tanah/ground dengan  pintu yang berat dengan meninggikan lantai Ming Tang. Untuk itu, diperlukan tangga dengan rumus banyaknya pijakan adalah 1 atau 2 pijakan, 6 atau 7 pijakan, 11 atau 12 pijakan. (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Mengapa Pintu Rumah menjadi topik yang penting dalam feng shui rumah? Karena pintu adalah “mulut” bangunan. Dari sinilah energi Qi (Chi) yang menjadi andalan feng shui diharapkan mengalir masuk.

Dalam pemahaman feng shui selanjutnya dikatakan bahwa bagus jika setelah pintu masuk ini terdapat aula (hall), yaitu ruang lebar untuk menampung Qi tersebut.

Baca Juga: Tips Mengatur Energi Chi Agar Rumah Membawa Hoki

Ruangan besar yang lebar dan cukup terang, cukup pencahayaan alami, serta mendapat aliran ventilasi udara yang nyaman ini dinamakan Ming Tang (diterjemahkan sebagai “bright hall”).

Dalam teori feng shui, hall yang lebar dan terang ini ‘mempersilahkan’ (welcoming) Qi masuk dan ditampung, untuk kemudian disebarkan ke seluruh ruangan di dalam rumah.

Inilah mengapa pintu memiliki peranan sangat penting dalam merancang feng shui rumah. Sayangnya dalam rumah-rumah modern hal ini sulit direalisasikan, karena rumah tangga di Indonesia pada prinsipnya pintu masuk rumah langsung dihadapkan pada sebuah ruangan tamu, bahkan ada yang didahului dengan foyer yang kecil dan sempit. Sehingga pengertian Ming Tang dalam feng shui ini sudah menjauh dari maksud.

Baca Juga: Hati-hati Bahaya Chi Jelek (Sha Chi) dari Dalam Rumah

Oleh karena itu, bahasan tentang pintu rumah dari aspek feng shui bisa membahas hal sebagai berikut:

  1. Aturan-aturan umum apa yang dalam feng shui menyangkut pintu rumah?
  2. Apa yang boleh dan yang tidak boleh diletakkan di depan dan di belakang pintu masuk?
  3. Bagaimana bentuk pintu rumah yang baik menurut feng shui?
  4. Bagaimana aturan warna yang cocok untuk pintu rumah menurut feng shui?
  5. Bagaimana meletakkan pntu rumah menurut prinsip feng shui?

Aturan apa yang umumnya diketahui tentang pintu rumah? Feng shui tentu mengharapkan apa yang diharapkan ada di depan pintu masuk, yaitu terutama pemandangan yang indah di depan pintu.

Aturan ini kelihatannya sederhana, tetapi ini sangat penting, karena lingkungan macam apa yang ada di sekeliling rumah membentuk kualitas lingkungan.

Baca Juga: Pengaruh Shio dalam Pengaturan Feng Shui Rumah

Jika lingkungan di sekitar rumah kita jika bersih, tertata apik, rapih dan indah serta asri dengan pohon dan tanaman, tentu akan menjadi hal yang sangat penting bagi rumah kita. Pasalnya, dari situ energi Chi dibawa masuk ke dalam rumah.

Sebaliknya lingkungan di depan rumah yang kotor, berbau, banyak sampah, tidak teratur, bising akan bertentangan dengan feng shui.

Gambar 1: Sampah berserakan mengeluarkan bau, adalah energi Qi buruk (Sha Qi) untuk rumah yang berada di depannya.

Menurut aturan feng shui, apa yang berada di depan (pintu) rumah sebaiknya tidak ada bangunan sekolah, rumah ibadah, rumah sakit, penjara, dan kuburan.

Selain itu Pylon yang di atasnya digantungkan kawat listrik tegangan tinggi, menara pemancar radio/TV, dan tidak ada pohon yang menghalang pintu, karena ini juga akan mengganggu aliran Qi ke dalam rumah.

Baca Juga: Tips Peletakan Cermin di Rumah Menurut Feng Shui

Pintu rumah ibaratnya “mulut” yang akan “memakan” apa saja yang berada di depan pintu. Oleh karena itu, urusan penting ini adalah hal yang pertama harus diperhatikan.

Apabila di depan pintu rumah didapatkan sampah berserakan, maka bagaimanapun rumah sudah diatur dengan feng shui tidak ada manfaatnya. Oleh karena itu, di depan pintu rumah jangan sampai terlihat kekacauan seperti ini.

Beberapa gambar di bawah ini memperlihatkan bagaimana desain pintu rumah dalam kaitannya dengan syarat-syarat/aturan feng shui.

Gambar 2: Pintu rumah perlu terdefinisi dengan jelas, yaitu memiliki kanopi yang cukup lebar dan bingkai yang jelas mempertegas eksistensi pintu rumah. Perhatikan juga bahwa di belakang pintu masuk ini dirancang dengan satu void, sehingga membentuk ruang aula yang besar (Ming Tang) untuk menampung Qi yang masuk sebelum di alirkan ruangan-ruangan lainnya.
Gambar 3: Pintu yang cukup lebar dan kokoh merupakan pintu yang baik, menarik banyak hoki dan peruntungan.
Gambar 4: Dalam desain Rumah modern, kita acapkali menemukan ruangan yang lebar ada di samping atau di belakang dan menghadap ke taman atau kolam renang. Inilah Ming Tang rumah yang kita dapatkan. Pada contoh gambar ini terlihat ruangan yang besar itu diberi pintu yang sangat lebar dan bahkan dapat dibuka dari ujung dinding satu ke dinding lainnya.

(Bersambung)

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda