PNS Lebih Memilih Kredit Barang Konsumtif Ketimbang KPR

RumahHokie.com (Bontang) – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) meminta pemerintah daerah untuk lebih pro aktif dalam program pembangunan rumah bagi para pegawai negeri sipil (PNS). Pasalnya, banyak PNS—khususnya dari golongan rendah—belum memiliki rumah sendiri.

Demikian penuturan Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin usai kegiatan Sosialisasi Rumah Bagi PNS di Bontang, Kalimantan Timur, Jumat (29/7)

Syarif menerangkan, berdasarkan data yang ada saat ini kebanyakan PNS lebih memilih kredit konsumtif jangka pendek untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya dibandingkan membeli rumah. Padahal sebenarnya PNS juga memiliki penghasilan yang cukup jika harus membeli rumah meskipun dengan cara kredit pemilikan rumah (KPR).

“PNS pada dasarnya juga termasuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang memerlukan bantuan dari pemerintah. Jika PNS sudah memiliki rumah sendiri tentu kesejahteraannya akan semakin meningkat,” terangnya.

Syarif menambahkan, pemerintah melalui Bapertarum PNS sebenarnya memiliki banyak fasilitas yang dapat dimanfaatkan PNS yang ingin memiliki rumah. Untuk itu, Pemda juga bisa bekerjasama dengan Bapertarum PNS dalam pemberian bantuan perumahan bagi para abdi negaranya.

“Dari sekitar 4,5 juta PNS di Indonesia sekitar 960.000 orang berdasarkan data dari Bapertarum PNS belum memiliki rumah,” tandasnya.

Kementerian PUPR, kata Syarif, juga mengapresiasi Pemerintah Kota Bontang yang terus berupaya menyediakan rumah bagi masyarakat termasuk para PNS nya. Dan adanya sinergi program perumahan yang baik antara pemerintah dan daerah maka diharapkan dapat mengurangi backlog perumahan yang semakin tinggi.

Sementara itu, Walikota Bontang Neni Moerniaeni menuturkan, saat ini masih ada sekitar 850 orang PNS, dari total 3.500 PNS yang ada di daerahnya, yang belum memiliki rumah sendiri.

“Kami ingin agar setidaknya seluruh PNS di Kota Bontang ini tinggal di rumahnya sendiri. Jika mereka sudah punya rumah maka tentunya mereka akan lebih semangat lagi dalam bekerja,” terangnya.

Ke depan, pemerintah Kota Bontang dan Kementerian PUPR berencana membangun Rusunawa bagi PNS yang belum mempunyai rumah. Lokasi lahan akan disiapkan oleh Pemkot Bontang dan bangunan Rusunawanya dibangun oleh Kementerian PUPR.

Anto Erawan

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda