Potensi Investasi Apartemen di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi

Empat kawasan Bodetabek memiliki potensi pertumbuhan, namun perkembangan pasar apartemen paling signifikan bakal terjadi di Bekasi dan Tangerang.

apartemen kemang view - bekasi barat - tol jakarta cikampek - LRT - anto erawan - rumahhokie - dok
Pasar apartemen di Bekasi melaju didukung oleh pembangunan infrastruktur yang masif (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Apartemen tak hanya berkembang di Ibukota Jakarta. Belakangan hunian jangkung juga menjamur di kawasan satelit Jakarta, yakni Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).

Hern Rizal Gobi, Manager Research Colliers International Indonesia menjelaskan, keempat kawasan ini masih memiliki potensi pertumbuhan, namun perkembangan paling signifikan bakal terjadi di Bekasi dan Tangerang.

Baca Juga: Di Bodetabek, Hunian Vertikal Bersaing Ketat dengan Rumah Tapak

“Di Bekasi, kawasan Cikarang yang paling prospektif, sedangkan pertumbuhan suplai di Tangerang terjadi khususnya di Tangerang Selatan,” ungkap Gobi kepada RumahHokie.com.

Data Colliers Indonesia memperlihatkan, hingga akhir kuartal III-2018, suplai apartemen di Tangerang mencapai 32.836 unit atau sekitar 48,95% dari total suplai apartemen di Bodetabek.

Sementara itu, suplai apartemen di Bekasi sebesar 12.968 unit (19,33%). Pertumbuhan pasokan apartemen di Bekasi dipengaruhi oleh infrastruktur yang sedang dibenahi. Hal ini pula yang menjadi daya tarik bagi konsumen.

Baca Juga: Cara Pembayaran Menggunakan KPA Makin Diminati Pembeli Apartemen

“Jika kita lihat, Cikarang sekarang banyak terdapat perusahaan asal Korea dan Jepang yang banyak menyumbang ekspatriat. Inilah pasar yang paling berkembang di Cikarang,” jelas Gobi.

Dia menjelaskan, kawasan Bekasi kota lebih banyak diminati oleh konsumen lokal, yakni mereka yang sudah punya rumah namun ingin berinvestasi apartemen.

“Lifestyle di Bekasi mulai berubah, terutama generasi milenial. Mereka ini ingin hunian yang dekat dengan pusat kegiatan,” ujarnya.

suplai permintaan apartemen jabodetabek - Q3 2018 - colliers indonesia - rumahhokie - dokTangerang Tak Terkejar
Ferry Salanto, Senior Associate Director Colliers International Indonesia mengatakan, suplai apartemen di Tangerang tak mungkin dikejar kawasan lain, karena pangsa pasarnya lebih luas, lantaran lokasi lebih dekat dan lebih mudah dijangkau dari Jakarta.

Baca Juga: Apartemen-apartemen Terbaru di Tangerang

“Konsumen apartemen di Tangerang lebih kompleks, ada mahasiswa, pekerja, bahkan sebagian memiliki pekerjaan di Jakarta. Di lain sisi, pengembangnya pun banyak perusahaan multinasional. Sementara di Bekasi, baru berkembang sekitar dua tahun belakangan ini. Itu pun hanya sekitar Cikarang yang paling pesat pertumbuhannya, terutama di kawasan Jababeka,” papar Ferry.

Menyikapi perkembangan infrastruktur dan transportasi umum yang masif, imbuhnya, semua developer di Bekasi bergerak menyasar target pasar generasi milenial. Salah satu cara dengan membuat proyek mixed use yang menawarkan hunian yang dilengkapi area hangout dan bekerja.

Depok dan Bogor Tak Signifikan
Di sisi lain, perkembangan pasar apartemen di Depok dan Bogor tidak terlalu signifikan. Depok memang menyumbang 13.648 unit (20,34%), namun hanya berlokasi di sekitar Jalan Margonda Raya.

Baca Juga: Lahan Menipis, Depok Perlu Banyak Pasokan Hunian Vertikal

“Pertumbuhan pasokan di Depok tak terlalu cepat, karena pasarnya masih terbatas pada mahasiswa dan pasangan muda. Sementara itu, lahan kosong di Depok masih banyak (yang memungkinkan konsumen membeli hunian tapak),” urai Gobi.

Sedangkan suplai apartemen di Bogor hanya mencapai 7.630 unit (11,37%). Hal ini lantaran konsumen di Bogor umumnya adalah investor yang hanya menggunakan apartemen untuk menikmati akhir pekan.

Pertumbuhan Harga
Lebih lanjut, Ferry Salanto menuturkan, capital gain apartemen di Bodetabek berkisar 5% – 6% per tahun. Lebih tinggi dari Jakarta yang “hanya” sekitar 4% per tahun.

“Tiap wilayah hampir sama pertumbuhannya, namun capital gain apartemen di Tangsel tertinggi, diikuti Bekasi, Depok, dan Bogor,” kata Ferry.

Baca Juga: Pasokan Apartemen di Tahun 2018 Naik Signifikan

Menyoal potensi sewa, apartemen di Bodetabek terbilang cukup potensial. Bahkan, sewa harian cukup marak di Bekasi. Alasannya, penyewa tak harus membayar semahal di hotel, namun tetap dekat dengan lokasi kegiatan.

“Beberapa apartemen yang menawarkan sewa harian, antara lain Centerpoint, MGold Tower, dan Kemang View,” katanya.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda