Potensi Properti Cikarang Diprediksi Semakin Benderang

Didukung sekitar 4.000 perusahaan multinasional dari 35 negara yang mempekerjakan sekitar 20.000 tenaga asing menciptakan basis ekonomi yang kuat.

Kawasan industri yang dihuni perusahaan multinasional menjadi daya tarik sektor properti Cikarang (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebagai kawasan industri yang tidak jauh dari Ibukota Jakarta, Cikarang terus mengalami perkembangan pesat.

Didukung keberadaan sekitar 4.000 perusahaan multinasional dari 35 negara yang mempekerjakan sekitar 20.000 tenaga asing, membuat basis ekonomi Cikarang sangat kuat. Bahkan, kawasan industri di Kabupaten Bekasi ini memiliki kontribusi 20% – 30% bagi ekspor nasional.

Direktur PT Pudjiadi Prestige Tbk, Toto Sasetyo Dwi Budi Listyanto menjelaskan, Cikarang saat ini telah menjelma sebagai salah satu kawasan sunrise di Timur Jakarta.

Hal ini seiring meningkatnya jumlah industri di Cikarang yang tersebar di 7 kawasan industri, seperti Jababeka, Bekasi Fajar, Delta Silicon (Lippo Cikarang), Kota Delta Mas, MM2100 Industrial Town, EJIP, serta BIIE (Hyundai).

Yang terbaru adalah pembangunan pabrik mobil murah SAIC GM WULING (SGMW) yang berlokasi di Kawasan Industri Delta Mas Cikarang dan saat ini sedang dalam taraf pembangunan dan direncanakan akan mulai beroperasi pada pertengahan Juli 2017.

“Hal ini tentu akan membuat pangsa pasar rental bagi para ekspatriat akan semakin besar,” jelas Toto di sela acara penandatanganan kerjasama PT Pudjiadi Prestige, Tbk dengan Taisei, Co, Ltd., Selasa (18/4/2017).

Toto menuturkan, kondisi ini didukung kawasan tetangga Cikarang, yaitu Karawang yang kini memiliki enam Kawasan Industri, seperti Suryacipta, KIIC, Kujang Industrial Estate, KI Mitrakrawang, dan Kota Bukit Indah.

Kebutuhan Hunian Mengikuti
Menurut Toto, salah satu tuntutan kawasan urban yang terus berkembang adalah kebutuhan tempat tinggal yang layak. Dengan puluhan ribu ekspatriat—yang didominasi pekerja asal Jepang—maka hunian pun harus memiliki lingkungan yang tertata dan aman, serta dilengkapi aneka fasilitas yang menyediakan kebutuhan hidup maupun gaya hidup.

Bertumbuhnya perusahaan-perusahaan multinasional asal Jepang yang berinvestasi di kawasan Cikarang, secara tidak langsung membuat banyak ekspatriat asal Negeri Sakura ini memilih tinggal di kawasan industri pertama sekaligus terbesar di Indonesia tersebut. Bahkan, tak jarang mereka membentuk komunitas.

“Inilah yang mendorong Pudjiadi Prestige mengembangkan apartemen Green Palace Residence di Cikarang. Dengan pengalaman menekuni bisnis properti pada beberapa kota besar Indonesia selama ini, kami ingin menawarkan ke masyarakat konsep hunian ideal yang sesuai dengan karakteristik Cikarang sebagai kawasan urban perkotaan yang terus berkembang,” urai Toto.

PT Pudjiadi Prestige, Tbk., jelasnya, merupakan perusahaan pengembang di bawah kelompok usaha The Jayakarta Group yang telah mengembangkan proyek-proyek properti mulai dari hunian hingga komersial di berbagai daerah di Indonesia.

“The Jayakarta Group juga telah mengembangkan bisnis hospitality dengan membangun dan mengelola jaringan hotel di beberapa daerah, seperti  Jakarta, Anyer, Bali, Lombok, Yogyakarta, dan Flores,” pungkas Toto Sasetyo.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda