Property Clock: Jam yang Harus Dilihat Agar Investasi Untung

Jarum properti adalah gerakan siklus naik turun yang dibagi dalam empat kuadran karakter. Ternyata properti lebih simpel dibanding sifat para pelakunya.

waktu tepat membeli properti - freepic - rumahhokie - dok

RumahHokie.com – Jarum jam properti adalah gerakan siklus naik turun yang dibagi dalam empat kuadran karakter. Ternyata properti lebih simpel dibanding sifat para pelaku bisnis properti.

Pelaku properti punya banyak kuadran. Ada tamak, nekat, berhati-hati, ada pula penakut, pengikut, dan super berani. Property clock secara global disepakati terbagi dalam empat musim.

Pertama, pada posisi jam 1 – jam 3 adalah weak market. Inilah awal melemahnya interaksi pasar karena suplai tak terserap akibat kenaikan-kenaikan harga, regulasi pemerintah, suku bunga naik.

Kedua, posisi jam 4 – jam 6 adalah buyer’s market (pasar dikuasai pembeli). Properti jatuh dan developer kehabisan darah sehingga properti diobral.

Pasar pening dan inilah surga para investor dan oportunis yang melotot siap melahap apa saja. Uang cash sang rajawali benar-benar bisa mengatur pasar.

Ketiga, posisi pada jam 7 – jam 9. Ini titik seimbang antara demand dan supply yang disebut soft market. Jumlah unit sudah seimbang dengan permintaan.

Pasar mulai bisa dikendalikan oleh suplai/developer/penjual. Harga pun mulai merangkak naik.

Keempat, jam 10 – jam 12. Ini adalah kuadran balas dendam. Pasar dikuasai developer sebagai penjual. Harga pun merangkak naik.

Developer/penjual menjadi maharaja. Diskon sedikit karena buyer antre. Pembeli tidak bisa bertingkah.

Harga yang naik terus pada akhirnya membuat pembeli kelelahan. Maka properti bersiap untuk lesu lagi. Begitulah berputarnya property clock.

Masa putar tentu tidak seperti detak jarum jam. Periode-periode pada tiap kuadran bergerak tidak teratur. Kadang satu kuadran lama dan kuadran berikutnya berlangsung cepat.

Tetapi property clock tidak pernah berputar balik. Selalu berputar seperti jam. Memang tergantung jam merek apa. Rolex asli atau bongkaran Jatinegara. Tergantung batere. klik..klik…klik.

Bersama F. Rach Suherman F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda