Property Diet: Investasi Harus Sehat dan Berimbang

Investasi berbasis hasil sewa (cap rate) dan keuntungan saat jual (capital gain) mewajibkan Anda melakukan konsolidasi pendapatan melalui subsidi silang.

Foto: Dok. RumahHokie.com

RumahHokie.com – Diet artinya dipaksa meninggalkan hal yang justru amat Anda sukai. Dan itu bikin derita dunia tanpa ada yang kasihan kepada Anda. Umumnya, diet punya kosakata penting yaitu “mengurangi”.

Wanita sesungguhnya makhluk yang paling menderita di muka bumi karena diet menancap seperti chips susuk KB. Demi kurus, dia rela puasa. Demi langsing, dia ikhlas senam sampai lampu gym dimatiin.

Baca Juga: Home Sweet Mom: Kiat Bahagia dengan Rumah Sederhana

Tujuannya untuk kebugaran, tapi juga ingin nyenengin husband. Makanya jadi suami harus tinggi kualitas cintanya.

Huss! ini bukan Suherman siap-siap mengisi ceruk motivator cinta yang sedang kosong di negeri ini.

Diet dalam properti adalah membatasi diri untuk tidak terlalu banyak “makan” unit di satu proyek saja. Seperti diet sehat di mana Anda harus seimbang karbohidrat, protein, dan vitamin; di properti Anda juga tidak boleh kegemukan karena salah beli hanya di satu pikiran.

Belilah aneka ragam properti mulai dari tanah kosong, landed-house, highrise, lowrise, ruko, sampai kolam pancing. Kalau sudah insyaf, mulai beli kuburan. Don’t put your eggs in one basket.

Investasi berbasis hasil sewa (cap rate) dan keuntungan saat jual (capital gain) mewajibkan pemiliknya untuk melakukan konsolidasi pendapatan melalui subsidi silang.

Rukonya cuma dapat cap rate 5%, tapi tanah dekat stasiun yang sewa motor dapat 15% sedangkan apartemen di dekat kampus dapat 8%. Rata-rata jadi 7,3%.

Baca Juga: Repayment Capacity: Beli Properti, Sesuaikan dengan Kemampuan

Subsidi silang juga memampukan Anda untuk memperkuat repayment capacity dalam angsuran. Lakukan variasi investasi.

Ya, saat Anda kaya juga aneka ragam maunya. Mobil merah dan putih, sepatu putih dengan garis merah, topi merah dengan hiasan putih. Merah-putih. Tapi apa Anda masih hafal Pancasila dengan urutan yang benar?

Bersama F. Rach Suherman F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda