Property Flipping dan Permainan Cash Flow

Foto: Dok. RumahHokie.com

RumahHokie.com – Tugas Anda beternak. Tugas bank mencatat dan menyimpan hasilnya. Tugas isteri mengawasi dan memakai.

Bagi-bagi tugas tidak sulit, tapi tugas Anda paling ringan lho: duduk manis, properti melar, udah super gede ya jual. Keuntungan moncer.

Sebut saja Anda beli Rp450 juta dan dua tahun dijual laku Rp1 miliar. Bagaimana prinsip investasi properti tahap berikutnya?

Baca Juga: Buy-Hold-Hold: Mainannya Investor Properti Kaya Raya

Uang Rp1 miliar tidak boleh untuk beli properti lagi dengan jumlah sebiji. Beli lebih banyak unit di area berbeda dan jenis yang berlainan. Don’t put your eggs in one basket.

Tujuannya, Kalau keranjang jatuh, telor nggak pecah semua. Carilah yang sifat tumbuhnya sama. Sekian tahun jual lagi. Uang Anda berlipat lagi. Gaya melipat aset ini disebut flipping, pelakunya disebut flipper.

Masalahnya, tidak semudah itu jika Anda ingin lekas kaya. Sebab, kunci cepat kaya justru Anda melakukan flipping dengan melakukan gaya membeli dalam jumlah banyak.

Baca Juga: Investor Properti Jagoan Mesti Tahu Flipping Indicator

Untuk punya banyak properti, Anda harus pandai bermain cash flow. Artinya, maksimalkan utang (other people’s money). Beli, sewakan, hasil sewa buat mencicil utang. Sabar menunggu momen terbaik untuk menjual.

Makanya, jangan bikin properti Anda kosong karena bisa tidak manfaat, apalagi sampai turun value. Properti itu tumbuh karena adanya traffic generator (hunian yang ramai, lalu ada mal, rumah sakit, sekolah, aneka usaha) dan Anda harus ikut ambil peran dengan memberi sentuhan yang hidup.

Meski kata orang, di Indonesia harga properti mesti naik terus harganya, investasi ini bukan tanpa risiko. Yang penting, Anda pandai membuat kalkulasi atas risiko-risiko itu. Sebab, diam pun, risiko tetap saja menunggu.

Bersama F. Rach Suherman F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda