Prospektif, Ini Strategi Bank BTN Tangkap Pasar KPR Milenial

Di 2020 ini, Bank BTN akan meningkatkan segmen KPR milenial. Salah satu cara yang ditempuh adalah menggandeng BUMN lain untuk pengembangan produk.

pahala mansury bank btn milenial by anto erawan rumahhokie dok
Pahala N. Mansury, Direktur Utama Bank BTN (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Memasuki 2020, PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. melihat potensi kredit properti di segmen milenial sangat menarik untuk digarap. Apalagi saat ini sekitar 30% penduduk Indonesia merupakan generasi milenial yang berusia 21 – 35 tahun.

Pahala N. Mansury, Direktur Utama Bank BTN menyampaikan, rumah dengan harga berkisar Rp150 juta – Rp300 juta bisa masuk ke segmen milenial, khususnya milenial urban.

Baca Juga: Garap Pasar Milenial, Bank BTN Luncurkan Dua Produk Menarik

“(Segmen) ini yang akan kita tingkatkan di 2020. Untuk itu, kami bekerjasama dengan perusahaan BUMN lain untuk bisa melakukan pengembangan tersebut,” kata Pahala N. Mansury di Jakarta, Senin (17/2/2020).

Pahala mengatakan, sebanyak 95% kredit yang disalurkan Bank BTN merupakan segmen milenial, jadi pihaknya harus lebih baik berkomunikasi dengan segmen pasar ini.

Untuk itu, jelasnya, Bank BTN meluncurkan KPR Gaeesss for Millennials. Melalui program KPR ini, Bank BTN bahkan menawarkan uang muka hanya 1% dengan jangka waktu kredit (tenor) selama 30 tahun.

Baca Juga: Targetkan Laba Rp3 Triliun, Bank BTN Canangkan Beragam Strategi

“Karena usia kerja mereka masih panjang, maka potensi kerja masih bisa 30 tahun ke depan, sehingga jangka waktu cicilan KPR bisa sampai 30 tahun. Dengan produk ini kami berharap bisa meningkatkan kesempatan bagi generasi milenial untuk mendapat KPR dari Bank BTN,” katanya.

Selain KPR Gaeesss, Pahala mengatakan, para milenial ini sekarang punya jalur sendiri untuk mengakses rumah. Jika dahulu orang mencari rumah dengan mendatangi kantor developer dan melihat kondisi bangunannya secara langsung, sekarang sebagian generasi milenial lebih memilih untuk melihat rumah melalui digital channel.

Hal ini, menurut Pahala, sudah sediakan Bank BTN, mengingat salah satu strategi emiten dengan kode BBTN ini adalah digitalisasi dan perbaikan otomatisasi proses.

Baca Juga: Penyaluran Kredit Perumahan Bank BTN Tumbuh 7,32%

“Selain punya portal lelang rumah: rumahmurah.co.id, Bank BTN juga punya portal BTNProperti.co.id yang dilengkapi aplikasi mobile yang sudah diunduh 2 juta pengguna. Di sini, konsumen bisa melakukan aplikasi kredit dan pembayaran uang muka secara online,” jelas Pahala.

Lebih lanjut, Pahala mengatakan, di ajang Indonesia Properti Expo (IPEX), banyak ditampilkan hunian yang menyasar generasi milenial, terutama yang terintegrasi dengan moda transportasi—biasa disebut proyek Transit Oriented Development (TOD).

“Hal inilah yang kami coba kerjasamakan dengan beberapa developer dengan harapan proyek-proyek TOD bisa semakin berkembang,” pungkasnya.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda