Punya Sofa Kulit di Rumah? Begini Cara Merawatnya Dengan Mudah

Selain terlihat elegan, tampilan cantik dari sofa kulit juga bisa menjadi point of interest di dalam ruang tamu ataupun ruang keluarga hunian Anda.

Cara Merawat Sofa Kulit-RumahHokie.com-raclette
(Foto : raclette)

RumahHokie.com (Jakarta) – Tampilannya yang elegan dan terkesan mewah menjadi daya tarik dari jenis sofa berpelapis kulit. Penggunaan furnitur jenis tersebut cocok diaplikasikan pada berbagai gaya desain, khususnya pada interior hunian bergaya klasik.

Selain terlihat elegan, tampilan cantik dari sofa kulit juga bisa menjadi point of interest di dalam dekorasi ruang tamu ataupun ruang keluarga hunian Anda.

Anda bisa memadu-padankan sofa kulit dengan berbagai perabotan furnitur yang memiliki desain berbeda. Hal itu dikarenakan, sofa jenis itu memiliki karakter yang kuat.

Di balik semua keunggulan tersebut, sofa kulit tetap memerlukan perawatan secara berkala dan perhatian ekstra agar selalu tampak indah.

Baca Juga : Ingin Sofa Berbahan Kain Anda Terlihat Bersih, Cobalah Cara Ini

Lalu, bagaimana cara merawatnya secara mudah? Sehingga sofa kulit Anda dapat awet. Berikut ini tips sederhana yang dikutip dari berbagai sumber dan dapat diterapkan untuk merawat sofa kulit kesayangan Anda.

Bersihkan debu
Gunakan kemoceng dan lap basah berbahan katun yang lembut untuk membersihkan debu
dan kotoran yang menempel pada kulit sofa. Kemudian keringkan dengan kain fiber atau kanebo.

Lapisi dengan leather care
Selama masa pemakaian, perabotan berbahan kulit akan kehilangan lapisan minyak alaminya. Tanpa lapisan minyak tersebut, bahan kulit akan cepat menua dan akan mengalami pecah-pecah jika terlalu kering.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengganti kandungan minyak tersebut dengan melapisinya menggunakan produk perawatan khusus untuk bahan kulit (leather care), seperti pelembap guna melindungi permukaan material sofa.

Baca Juga : Tips Menerapkan Gaya Desain Eklektik yang Menarik

Hindari paparan matahari
Demi tampilan sofa kulit yang tetap terjaga keindahannya, hindari meletakkan sofa pada area yang terkena paparan sinar matahari secara langsung, karena akan membuat warna kulit cepat memudar dan pecah-pecah.

Disarankan, untuk meletakkan sofa kulit setidaknya satu meter dari jendela atau paparan sinar matahari. Selain itu, hindari pula meletakkan sofa pada daerah yang lembab. Kelembaban yang tinggi akan menimbulkan jamur dan merusak kulit sofa.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda