Punya Weekend Property, Apa Untungnya?

Weekend property biasanya tidak disewakan dan hanya dikunjungi di akhir pekan saja. Biasanya model vila, sejuk, banyak gadis desa tanpa Gucci dan Mirabella.

RumahHokie.com – Membeli properti boleh saja karena alasan kesenangan semata. Daripada senang isteri tetangga?

Persoalan senang ini kan maximum personal satisfaction. Yo wis, aku rapopo.

Pembeli weekend property biasanya tidak disewakan dan hanya dikunjungi di akhir pekan saja. Biasanya model vila. Sejuk, banyak sayuran dan gadis-gadis desa tanpa Gucci dan Mirabella. Wangi desa. Tapi biasanya tak wangi duit.

Properti jenis ini dibeli tanpa rational motives, bahkan beli dadakan (impulse customers). Pastinya pakai duit nganggur. Kenapa?

Investasi Anda (kecuali vila-vila di Bali atau Puncak Bogor), timpang  pendapatan. Sebab, sempurnanya investasi properti bila dua komponen bekerja aktif.

Pertama, Capitalization Rate (yield/uang pendek/imbal hasil). Bagusnya antara 5% – 11% setahun dengan maximum vacant rate 20% (artinya, setahun cuma kosong 1,5 bulan).

Kedua, Capital Gain (uang panjang/untung saat jual), cari yang minimal 15% setahun. Keduanya digabung untuk mengukur flipping time.

Baca Juga: Investor Properti Jagoan Mesti Tahu Flipping Indicator

Nah, weekend property itu “cacat bawaan”. Dibeli dan sudah pasti tanpa hasil sewa. Terus Anda memaafkan dengan bilang “kan ada capital gain?”. Hus, sembarangan!

Capital gain itu baru muncul kalau sudah dijual. Kalau tidak dijual, peningkatan aset Anda itu hanya portofolio saja.

Jadi, tanpa dijual, keuntungan Anda itu imajiner. Robert Kiyosaki bahkan bilang bahwa capital gain itu bonus, jadi jangan dipikirin!

Kaya itu, bukan karena Anda banyak properti, tapi karena properti yang banyak itu memberi Anda aliran uang tunai yang deras. Uang beneran. Dilihat, diraba, diterawang!

Bersama F. Rach Suherman F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda