Puspiptek dan Sinar Mas Land Resmikan Pembangunan GIPTI di BSD City

GIPTI digadang menjadi showcase kemajuan inovasi, serta sarana edukasi masyarakat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Groundbreaking GIPTI - BSD City - Sinar Mas Land - Muhammad Nasir - Menristek dikti - Dhony Rahajoe - anto erawan - rumahhokie - dok
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir (ketiga dari kiri) usai meresmikan dimulainya pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi (GIPTI) BSD City - (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Tangerang) – Menggandeng Sinar Mas Land, Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong menggelar groundbreaking Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di kawasan BSD City, Kamis (4/10/2018).

Acara peletakan batu pertama ini diresmikan oleh Muhammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bersama Kepala Puspitek dan jajaran direksi Sinar Mas Land.

Berlokasi di BSD City, Kabupaten Tangerang, GIPTI menempati lahan Puspiptek-Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, seluas 15 hektar.

Baca Juga: Beroperasi 2019, Sejumlah Perusahaan Dunia Huni Digital Hub BSD City

GIPTI digadang menjadi show case kemajuan inovasi dan juga teknologi terapan terkini, tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat di bidang IPTEK, dan tempat pemasaran bagi produk-produk UKM dan startup berbasis teknologi binaan inkubator bisnis teknologi di Puspiptek-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

“Pengembangan GIPTI sesuai dengan program pengembangan National Science & Technology Park (N-STP) Puspiptek,” jelas Sri Setiawati, Kepala Puspitek Serpong.

Dia menuturkan, bangsa-bangsa yang maju pasti memiliki Iptek yang maju pula. Salah satu indikator bangsa yang maju adalah mempunyai pendapatan per kapita yang tinggi. Pendapatan yang tinggi adalah sebagai dari imbas kerja yang profesional dan efisien yang didukung oleh teknologi yang canggih.

Baca Juga: Sinar Mas Land Perkuat Bisnis Properti dengan Teknologi Digital

“Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi GIPTI hadir sebagai showcase kemajuan Iptek dan inovasi serta teknologi terapan terkini, terdapat lima zona, seperti Zona Penerima, Zona Display dan Zona Pengembangan Kewirausahan, Zona Penelitian, dan Zona Kawasan Ruang Terbuka Hijau. Tidak hanya itu, GIPTI juga akan dilengkapi dengan Gateaway Park, Techno Park, dan Lake Park,” urai Sri Setiawati.

Industri lintas sektor ini juga telah menandatangani kerjasama kesepakatan kerjasama pembangunan GIPTI yang disaksikan langsung oleh Jusuf Kalla, Wakil Presiden Republik Indonesia pada Januari 2018 lalu.

“Saat ini, GIPTI dan N-STP Puspiptek didukung oleh ekosistem kawasan BSD City sebagai smart integrated digital city yang tentu akan saling menguatkan satu sama lain,” ujarnya.

Sri mengungkapkan, proyek ini merupakan CSR dari Sinar Mas Land. Pembangunannya diprediksi rampung pada April 2019 dan mulai beroperasi pada Juni 2019 mendatang.

Gagasan Technopolis yang Tertunda
Senada dengan pernyataan Sri Setiawati, CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land, Christopher Siswanto Adisaputro menjelaskan, pihaknya sangat mendukung pembangunan GIPTI di BSD City.

Dia berharap, kolaborasi ini dapat semakin mendukung tujuan BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city, dimana saat ini BSD City juga sedang menggarap proyek kawasan Digital Hub yang ke depannya diharapkan bakal menjadi Silicon Valley-nya Indonesia.

“Kehadiran GIPTI juga memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektor teknologi dan riset dan sebagai talent pool bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub. Lebih jauh lagi pengembangan kawasan Digital Hub ini akan menciptakan banyak sekali peluang bagi berbagai pihak lintas sektor, khususnya warga Tangerang dan sekitarnya di bidang pendidikan, riset, usaha, maupun lapangan pekerjaan,” papar Christopher.

Baca Juga: Sinar Mas dan Apple Gelar Roadshow Digital Hub Goes to Campus

Sementara itu dalam kata sambutannya, Muhammad Nasir mengatakan, GIPTI merupakan proyek kolaborasi Puspitek dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 1980-an dalam membangun kawasan Technopolis.

“Saat ini, kita coba menghidupkan kembali konsep tersebut, dengan dijadikannya Puspiptek-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai N-STP, yang tidak hanya fokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek, namun juga sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional, pusat penumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi Iptek, serta pusat pelatihan bagi SDM industri,” pungkasnya.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda