Ragam Desain Rumah Anti Banjir yang Bisa Jadi Inspirasi Membangun

Dengan desain rumah yang tepat, bisa menjadi salah satu solusi dalam mengantisipasi dari terpaan musibah banjir di Jakarta dan sekitarnya.

desain rumah anti banjir, rumah anti banjir, banjir jakarta dan bekasi, rumah kebanjiran
Desain anti banjir yang diberi nama Amphibious House karya Baca Architects.(Foto: Ben Adams)

RumahHokie.com (Jakarta) – Wilayah Jakarta dan Bekasi kembali tergenang banjir setelah hampir semalaman dilanda hujan ekstrem.

Berdasarkan pantauan di situs petabencana.id, Selasa (25/02/2020), terdapat ratusan titik banjir di Jakara dan Bekasi. Bencana ini menyebabkan banyak rumah warga terendam banjir.

Belajar dari musibah tersebut, ada baiknya Hokie People mengantisipasi banjir dengan sejumlah cara. Contohnya, dengan sedari dini merancang arsitektur rumah anti banjir.

Baca Juga: Dinding Rumah Kotor Pasca Banjir, Ini Dia Cara Membersihkannya

Berikut ini ragam inspirasi desain rumah anti banjir yang ada di berbagai dunia dan bisa Anda terapkan ketika ingin membangun hunian impian.

1. Amphibious House

desain rumah anti banjir, rumah anti banjir, banjir jakarta dan bekasi, rumah kebanjiran
Amphibious House merupakan proyek hunian pertama di Inggris yang bisa mengapung di air. (Foto: Ben Adams)

Dirancang oleh firma arsitektur Baca Architects, proyek hunian dengan nama Amphibious House ini didesain untuk bisa mengapung di atas luapan air danau.

Mengutip laman Baca Architects, rumah minimalis modern ini dibangun di atas pondasi yang sepadan dengan permukaan Sungai Thames, Inggris. Meski demikian pondasinya dirancang terpisah, sehingga ketika sunga meluap, strukturnya dapat mengambang di atas permukaan air.

Baca Juga: Intensitas Hujan Meningkat, Yuk Panen Air Hujan di Rumah!

Untuk material bangunannya, bagian atas hunian terbuat dari kayu ringan, sedangkan bagian bawahnya menggunakan concrete hull. Hunian dengan desain inovatif ini telah terbukti bisa bertahan ketika banjir setinggi 2,5 meter

2. House in Yamasaki

desain rumah anti banjir, rumah anti banjir, banjir jakarta dan bekasi, rumah kebanjiran
Dibangun untuk House in Yamasaki dibangun untuk pasangan suami-istri dan dua anak mereka. (Foto: Ken’ichi Suzuki)

Desain hunian anti banjir lainnya yang bisa Anda jadikan inspirasi adalah proyek bernama House in Yamasaki rancangan Tato Architects.

Rumah seluas 119,11 meter persegi ini memiliki konstruksi beton setinggi 1,8 meter, dengan rongga-rongga pada lantai bawah.

Baca Juga: Bisa Mengapung Ketika Banjir, Lahan Parkir Ini Pas untuk Jakarta

Bagian bawah rumah menjadi ‘ruangan’ untuk air banjir. Dengan demikian, ketika banjir melanda dapat mengurangi tekanan air yang menerpa dinding hunian.

3. Float House

desain rumah anti banjir, rumah anti banjir, banjir jakarta dan bekasi, rumah kebanjiran
Aktor Hollywood, Brad Pitt, meluncurkan Float House yang tahan banjir untuk Make It Right Foundation. (Foto: Inhabitat)

Brad Pitt, Aktor Hollywood, beberapa waktu lalu mengenalkan Float House untuk misi sosial. Dirancang oleh Morphosis Architects, proyek rumah tapak ini dapat mengapung apabila terjadi banjir.

Melansir dari Inhabitat, hunian tersebut dapat lepas dari tambatannya dan menggambang hingga 1,2 meter selaiknya rakit, ketika dilanda banjir.

4. Blooming Bamboo Home

desain rumah anti banjir, rumah anti banjir, banjir jakarta dan bekasi, rumah kebanjiran
Hunian anti banjir karya biro arsitek H&P Partners ini menggunakan sekumpulan bambu berdiameter 8 cm hingga 10 sentimeter. (Foto: Doan Thanh Ha)

Dibangun seluas 44 meter persegi di Hanoi, Vietnam, rumah bambu ini mampu bertahan dengan kondisi banjir hingga 1,5 hingga 3 meter. Hampir seluruh ruangan dilapisi oleh nylon dan polycarbonate sheet sebagai penahan air masuk ke dalam rumah.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda