Ragam Elemen Dekorasi Ruang yang Terbuat dari Material Bambu

Dikenal sebagai material alam yang kuat, bambu dapat dijadikan berbagai fungsi untuk melengkapi elemen dekorasi interior rumah.

RumahHokie.com (Jakarta) – Bambu merupakan salah satu material alam yang terkenal akan daya kekuatannya. Penggunaan material tersebut tak sebatas hanya dipakai untuk eksterior bangunan saja, namun bambu dapat pula digunakan untuk keperluan dekorasi interior hunian.

Penggunaan material bambu pada furnitur ataupun ornamen dekoratif lainnya,akan
membuat tampilan interior hunian menjadi nampak etnik. Jika ingin mendapatkan nuansa yang kontemporer, material bambu juga bisa berkolaborasi dengan material modern lainnya.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Nuansa Kamar Tidur Selayaknya di Villa

Tak sedikit orang mengenal bambu hanya dibuat sebagai kursi atau meja saja. Namun dengan kreativitas, material bambu pun bisa dapat tampil dalam berbagai fungsi untuk melengkapi interior rumah. Berikut ini beberapa diantara ide penggunaan material bambu untuk dekorasi ruangan.

1. Digunakan untuk headboard

Headboard yang terbuat dari bambu, akan menciptakan nuansa kamar tidur yang etnik. (Foto: evafurniture.com)

Headboard merupakan salah satu bagian dari ranjang yang bisa dikreasikan dengan berbagai ide. Bila ingin tampilan headboard yang unik, cobalah ganti materialnya dengan bambu. Potongan bambu dengan ketinggian berbeda dapat menjadi pemandangan yang menarik untuk interior kamar tidur.

2. Pendant lamp bambu

Penderan cahaya lampu pada pendant lam yang terbuat dari material bambu cenderung lebih merata. (Foto: aliexpress.com)

Dengan kehadiran pendant lamp yang terbuat dari bambu, ruangan tak hanya akan berkesan menarik, namun juga akan menghadirkan karakter pencahayaan yang unik. Anda bisa meletakan pendant lamp material bambu pada ruang keluarga atau ruang makan

Baca Juga: Mengenal Aneka Material Secondary Skin Pada Fasad Bangunan

3. Tirai jendela

Bambu dapat pula dijadikan tirai pada jendela. (Foto: carehomedecor.com)

Bambu dapat didesain menjadi beragam benda dan fungsi, seperti tirai yang dapat mengurangi intensitas masuknya sinar matahari ke dalam rumah. Tirai seperti ini tampaknya tidak asing lagi di masyarakat. Untuk tampilan yang maksimal, anda bisa menyesuaikan ukuran tirai bambu dengan luas jendela yang ingin dipasangi tirai tersebut.

Bambu untuk gazebo

Bila tidak diletakan di dalam rumah, bambu juga bisa diterapkan pada bagian lain, salah satunya adalah gazebo. Hadirkan kesan natural pada tempat tersebut dan nikmati waktu bersantai dengan suasana yang lebih alami.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda