Ragam Kerusakan Sofa yang Sering Terjadi dan Solusi Mengatasinya

Seiring dengan durasi pemakaian, akan menyebabkan kondisi sofa semakin menurun. Begitu pula dengan tampilan furnitur itu.

Cara memperbaiki Sofa
Ilustrasi sofa. Show unit Apartemen Skandinavia Tangerang. (Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sofa merupakan perabotan furnitur yang banyak dipilih oleh pemilik rumah untuk melengkapi fasilitas ruang tamu maupun ruang keluarga, karena dikenal memiliki karakter yang nyaman ketika diduduki.

Seiring dengan durasi pemakaian, akan menyebabkan kondisi sofa semakin menurun. Begitu pula dengan tampilan furnitur itu. Oleh karenanya, pemilik rumah harus merawat sofa koleksinya tersebut secara berkala, agar tetap selalu berfungsi dengan baik.

Kerusakan apa saja yang umumnya terjadi pada sofa seiring dengan penggunannya? Lantas, bagaimana solusi mengatasinya. Simak pembahasannya berikut ini, ya Hokie People!

Baca Juga: Lebih Memilih Menggunakan Sofa Kulit atau Sofa Kain?

Warna sofa kulit pudar dan berubah
Setelah sekian lama digunakan, sofa kulit bergaya klasik ataupun sofa berbahan kain fabric dapat mengalami perubahan warna.

Hal itu dapat terjadi karena berbagai sebab. Misalkan saja, terkena paparan sinar matahari yang terlampau lama ataupun penggunaan cairan pembersih yang salah, sehingga membuat warnanya menjadi pudar.

Baca Juga: Ingin Sofa Anda Nyaman dan Semakin Indah? Ini Tips Meletakkan Bantal Dekoratif

Nah, sebagai solusinya untuk Anda pemilik sofa kulit bisa menggunakan cairan semir khusus furnitur kulit agar warna kembali kinclong. Sedangkan untuk sofa bahan kain fabric, Anda dapat mengganti lapisan kain dengan yang baru.

Sofa kulit mengelupas atau pecah-pecah
Permasalahan lain yang biasa terjadi adalah kondisi sofa yang pecah-pecah dan mengelupas. Kerusakan itu tentu membuat sofa menjadi terlihat kurang cantik lagi dan tidak nyaman untuk digunakan.

Untuk memperbaikinya, bersihkan terlebih dahulu permukaan yang terdapat lapisan kulit yang pecah. Selanjutnya, siapkan setrika dengan suhu sedang. Oleskan sedikit cat kulit pada bagian yang mengelupas dengan spatula kecil. Lalu, ratakan agar warna menyatu dengan baik.

Baca Juga: Teknik Perbaikan Sofa Ini Berikan Kenyamanan Ekstra

Langkah selanjutnya, letakkan kertas atau paper bag warna coklat. Mulailah menyetrika secara perlahan, agar cat kulit dapat menyerap di sofa dengan baik. Retak dan pengelupasan yang selama ini mengganggu hilang seketika.

Sofa berjamur dan berbau
Tidak hanya dinding yang dapat diliputi jamur, akan tetapi sofa pun bisa mengalami hal yang sama. Apalagi jika ruangan di rumah Anda tergolong lembap, tentu akan cepat menimbulkan jamur dan bau tak sedap di sofa.

Untuk mengatasi jamur di sofa, Anda bisa menggunakan alat dan pembersih khusus, seperti vacuum cleaner. Dengan cara itu, sofa kesayangan Anda akan terhindar dari masalah jamur dan bau apek.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda