Ragam Manfaat Kopi untuk Kebersihan Rumah Kesayangan Anda

Dibalik rasa pahitnya, ternyata bubuk kopi ataupun bijinya juga memiliki manfaat lain bagi aset properti kesayangan kita.

manfaat kopi, tips membersihkan peralatan rumah tangga dengan kopi
Selain diminum, ternyata kopi memiliki fungsi untuk membantu membersihkan beragam peralatan rumah tangga. (Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kopi menjadi salah satu minuman yang digemari banyak kalangan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kini budaya minum kopi sedang disukai oleh generasi milenial di wilayah perkotaan.

Namun tahukah Hokie People, dibalik rasa pahitnya, ternyata bubuk kopi ataupun bijinya juga memiliki manfaat lain bagi aset properti kesayangan kita, lho?

Mungkin sebagian dari kita sudah tahu, jika kopi dapat menghilangkan bau tak sedap pada ruangan di rumah. Nah, selain itu minuman hitam ini pun dapat bermanfaat sebagai pembersih alami bagi sejumlah perabot di rumah.

Baca Juga: Cara Membersihkan Peralatan Dapur Berbahan Stainless Steel

Mau tahu apa saja yang bisa dibersihkan dengan kopi, Hokie People? Simak penjelasannya berikut ini.

Membersihkan peralatan memasak
Bubuk kopi bersifat abrasif apabila digosokkan ke peralatan memasak, termasuk permukaan panci yang kotor. Kerak masakan yang membandel dan menempel di permukaan panci dapat hilang dengan cara menggosokan bubuk kopi.

Tidak hanya dapat menghilangkan kerak di panci, kopi pun dapat membersihkan sisa minyak yang masih menempel di permukaan panci.

Menghilangkan kotoran pada kayu
Jika sudah selesai minum kopi, tentu ada ampas yang tertinggal. Nah, Hokie People jangan langsung buang ampas kopi di cangkir ya. Hal itu disebabkan, ampas kopi dapat digunakan sebagai pembersih alami untuk noda pada permukaan kayu.

Baca Juga: Chef Rinrin Marinka: Suka Desain Dapur yang Natural

Caranya, cukup taburkan ampas kopi yang masih basah tersebut di permukaan furnitur kayu. Diamkan selama 10 menit, kemudian lap dengan kain bersih. Warna gelap dan kusam karena kotoran yang menempel pada permukaan furnitur akan bersih seperti sedia kala.

Menyamarkan goresan pada furnitur kayu
Selain mampu menghilangkan noda kotoran di furnitur kayu, ternyata kopi juga mampu menyamarkan goresan. Lalu bagaimana caranya? Anda cukup membuat campuran bubuk kopi dan air panas, sehingga menjadi bentuk pasta.

Baca Juga: Anda Menumpahkan Kopi di Karpet, Begini Cara Membersihkannya!

Kemudian, balurkan pada permukaan furnitur yang terdapat goresan dan bersihkan. Dengan begitu, meja, kursi, atau lemari kayu Anda akan kembali mulus.

Mengatasi saluran air yang tersumbat
Ada kalanya saluran pembuangan air pada area bak cuci akan tersumbat, karena timbunan sampah sisa makanan ataupun minyak dari masakan.

Untuk mengatasi saluran air yang tersumbat, Hokie People cobalah menggunakan campuran bubuk kopi dengan sabun pencuci piring.

Caranya, masukkan beberapa sendok kopi bubuk ke dalam air mendidih dan tambahkan sabun pencuci piring. Kemudian, siramkan campuran larutan tersebut ke mulut saluran pembuangan hingga bersih.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda