Ragam Pemicu AC Tidak Dingin dan Tips Mengatasinya

Permasalahan yang kerap terjadi adalah tidak maksimalnya perangkat AC dalam bekerja, sehingga udara yang dihembuskan menjadi tidak sejuk.

Penyebab AC tidak dingin
(Foto: istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Memasuki musim kemarau suhu ruangan di dalam rumah akan terasa panas. Salah satu cara untuk mendapatkan udara ruangan yang sejuk adalah dengan menyalakan pendingin ruangan atau air conditioner (AC).

Saat ini kehadiran AC sangat penting dan menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat modern, khususnya pemilik rumah di daerah perkotaan.

Umumnya, seiring pemakaian akan timbul berbagai kendala pada perangkat home appliance tersebut. Permasalahan yang kerap terjadi adalah tidak maksimalnya perangkat AC dalam bekerja, sehingga udara yang dihembuskan menjadi tidak sejuk.

Baca Juga: Gunakan Trik Ini Agar Rumah Anda Sejuk di Saat Musim Kemarau

Jika sudah tidak begitu, bisa jadi permasalahan berasal dari faktor eksternal ataupu internal. Lantas, bagaimana tips mengatasi masalah AC yang tidak dingin. Simak ulasan dan tips-nya berikut ini.

Tidak rutin membersihkan filter AC
Pemicu utama pada pendingin ruangan yang tak lagi bekerja maksimal adalah kotornya bagian filter AC. Filter berguna untuk menyaring kotoran-kotoran yang ada dalam udara. Seiring dengan pemakaian, kotoran tersebut akan menyumbat saringan filter, sehingga hembusan udara sejuk tidak mampu menembus keluar.

Oleh karenanya, pemilik rumah harus Cara rutin membersihkannya. Cuci filter sebulan sekali supaya filter bersih dari kotoran.

Baca Juga: Tetap Hemat Listrik Disaat Musim Panas, Begini Caranya!

Sebelum membersihkan, pastikan kamu menutup barang-barang di sekitar AC dengan koran, agar barang tersebut tidak kotor. Apabila sudah dibersihkan, pasang filter kembali dan otomatis AC akan kembali sejuk.

Freon habis atau bocor
Freon merupakan gas yang berguna dalam proses pendinginan ruangan. Freon yang habis atau bocor bisa jadi penyebab AC menjadi tidak sejuk. Cara mengenalinya adalah terjadi pembekuan es pada pipa pendingin ruangan, AC bocor, dan timbul suara mendesis akibat kebocoran.

Sebagai solusinya, Hokie People dapat menghubungi teknisi untuk memperbaikinya serta mengisi kembali gas freon tersebut.

Kondensor AC yang kotor
Kondensor terletak pada bagian luar dari perangkat pendingin ruangan yang berguna untuk memanaskan gas refrigerant (freon) pada suhu tertentu. Sama halnya dengan filter, jika kondensor kotor, tentu proses pendinginan tidak akan berjalan maksimal.

Baca Juga: Tawarkan Fitur Hemat Listrik, LG Indonesia Kenalkan AC Inverter Dualcool

Solusinya, Anda perlu membersihkan kondensor secara rutin untuk menghilangkan kotoran yang menghambat kerja perangkat tersebut. Gunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran. Kemudian, bilas dengan air beraliran pelan yang disemprotkan menggunakan selang,
sehingga kondensor tidak rusak.

Kapasitas pendingin ruangan yang tidak sesuai
Faktor ini yang mungkin banyak pemilik rumah tidak menyadarinya. Bisa jadi penyebab AC tidak dingin terjadi karena kapasitas Paard Kracht (PK) perangkat terlalu kecil dan tidak sebanding dengan besar ruangan.

Dengan begitu, tidak bisa memberikan semburan udara dingin di ruangan yang besar. Ada baiknya bila Anda menggantinya dengan kapasitas PK AC yang berukuran lebih besar.

 

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda