REI Mega Expo 2018, Kawinkan Pameran Properti dengan Ajang Otomotif

Pameran ini terkonekasi dengan pameran otomotif paling bergengsi di Tanah Air, yakni Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

pembukaan REI Mega Expo - Jiexpo - kemayoran - rumahhokie - anto erawan - dok
Pembukaan REI Mega Expo 2018 di JIExpo Kemayoran (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Untuk kali kedua, Persatuan Perusahaan Real Estat Indonesia (REI) menggelar REI Mega Expo. Pameran properti yang menggandeng Dyandra Promosindo ini berlangsung 19 – 29 April 2018 di Hall C3, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Uniknya, pameran yang diikuti sekitar 25 pengembang ini terkonekasi dengan pameran otomotif paling bergengsi di Tanah Air, yakni Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Baca Juga: REI Tingkatkan Kompetensi Pengembang untuk Sukseskan Program Sejuta Rumah

Ketua Umum DPP REI, Soelaeman Soemawinata menilai Perpaduan pameran otomotif dengan pameran properti adalah salah satu terobosan baru.

Seperti diketahui, sekitar 500 ribu pengunjung ditargetkan bakal menghadiri IIMS 2018. Eman—demikian Soelaeman akrab disapa—menargetkan sedikitnya 50 ribu orang akan berkunjung selama 10 hari pelaksanaan REI Mega Expo 2018, dengan transaksi diperkirakan sebesar Rp5 triliun.

“Saat ini, baik rumah dan mobil merupakan dua kebutuhan primer bagi masyarakat di perkotaan sehingga diharapkan terjadi sinergi dan saling melengkapi. Jadi konsumen dimanjakan karena hadir di satu lokasi, namun bisa melihat dua produk sekaligus yakni otomotif dan properti,” ungkap Eman kepada wartawan, usai membuka secara resmi REI Mega Expo 2018, Sabtu (21/4/2018).

Baca Juga: Inilah Kendala Pembangunan Rumah Rakyat Menurut REI dan APERSI

Presiden Federasi Real Estat Internasional (FIABCI) Asia Pasifik ini menambahkan, sebanyak lebih dari 100 proyek ditawarkan dalam ajang kali ini, mayoritas merupakan produk hunian. Adapun rumah yang dipasarkan mulai dari rumah bersubsidi, dengan kisaran harga Rp130 juta hingga Rp5 miliar per unit.

“Rumah subsidi mendapat perhatian besar, karena REI memiliki komitmen menjadi garda terdepan membangun rumah rakyat,” ujarnya.

Perlu Dukungan Swasta
Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) Khalawi Abdul Hamid mengatakan perkawinan dua pameran ini sudah pas. Pasalnya, kendaraan—baik motor maupun mobil—merupakan hal yang dibutuhkan setelah punya rumah.

Baca Juga: Satgas Pengawasan Pembangunan Perumahan Akan Dibentuk

Kontribusi pemerintah menyediakan rumah dalam Program Sejuta Rumah hanya sekitar 20%, sehingga sisanya adalah kontribusi pihak swasta.

“Angka backlog sudah tinggi, sehingga kami perlu bantuan dari pihak swasta. Jadi, leader-nya adalah pihak (pengembang) swasta, karena  pemerintah tidak punya uang,” katanya berkelakar.

Kemudahan Bagi Pengunjung
Selama pameran, penyelenggara menyiapkan sejumlah promo bagi konsumen, antara lain beli rumah dapat mobil, uang muka rendah dari 1% – 5%, bunga KPR/KPA mulai 5%, KPR/KPA bertenor hingga 20 tahun, serta instant approval dari perbankan.

Untuk mempermudah masyarakat yang ingin mengunjungi pameran otomotif dan perumahan di JIExpo Kemayoran, Dyandra Promosindo selaku penyelenggara menyediakan shuttle bus gratis di sejumlah pusat perbelanjaan antara lain Mall Pondok Indah, Mall Metropolitan Bekasi, dan Mall Summarecon Kelapa Gading, serta VIP shuttle car yang lebih eksklusif.

Khusus bagi warga Kota Bandung, disediakan transportasi langsung ke lokasi IIMS. Bekerjasama dengan Jackal Holiday, penyelenggara menyiapkan official shuttle dengan tarif Rp150 ribu langsung ke JIExpo Kemayoran dari Jalan Dipatiukur dan Jalan Pasteur. Ada pula official shuttle dari bandara Soekarno-Hatta dengan tarif Rp75 ribu.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda