Rent In-Rent Out: Jadi Kaya dengan Cara Menyewa

Ingin kaya dan nggak bisa beli properti, ya menyewa saja. Kali ini kita diskusi cari solusi jadi kaya dengan cara menyewa.

Jual-Beli-Sewa-Properti-RumahHokie-dok
Foto: Dok.RumahHokie.com

RumahHokie.com – Ingin kaya dan nggak bisa beli properti, ya sewa saja. Mari mikir sewa. Kali ini kita diskusi cari solusi jadi kaya dengan cara menyewa.

Anda cukup bikin PT dengan legalitas cukup, misalnya PT Airmata Buaya dengan merek dagang “The Equitable” (pantas). Jadilah Anda office rental entrepreneur dengan jabatan Founder/CEO. Anda resmi masuk pasar virtual office Indonesia melawan Regus dan Marquee.

Bisnis sewa office berbasis Anda juga menyewa (sewa di atas sewa) membuat cash flow usaha sangat baik.

Baca Juga: Tips-tips Investasi Properti RumahHokie.com

Saat tarif sewa sedang terpuruk masa ini, Anda menyewa satu lantai 1.000 m2 x Rp325.000 per bulan. Bayar tiga bulan plus deposit sewa tiga bulan, maka outflow Rp1,95 miliar.

Dengan renovasi interior 20%, maka kocek Anda menguap total Rp2,340 miliar. Anda punya aset rumah senilai Rp3,5 miliar, agunkan di bank dapat credit line 70% senilai Rp2,45 miliar.

Ada sisa lebih Rp110 juta buat operating cost bayar gaji gadis-gadis Purwakarta (sundanya halus) dan Sleman (jawanya halus). Tapi keduanya berkulit halus dan bukan keturunan makhluk halus.

Rental net space 80% (800 m2) dengan tarif member virtual rata-rata Rp800 ribu per bulan dan Anda bisa menggoda 500 individu/kantor untuk pakai “kantor pura-pura” (virtual) milik Anda.

Dengan demikian, sebulan ada inflow Rp400 juta. Belum termasuk income dari jasa sewa ruang rapat dan semi-permanent space. Anggap saja Rp500 juta sebulan.

Sekarang Anda bayar cicilan bank yang Rp2,45 miliar tadi dengan bunga 12% dan tenor lima tahun, maka angsuran bulanannya Rp54,5 juta.

Operating cost dan pajak anggap saja Rp100 juta. Anda masih menang banyak kan?

Lihat tuh WeWork milik Adam Neumann. Dia punya 98 tempat di 32 kota besar AS dan Eropa dengan 74.000 klien.

Yang penting, kalau baru mulai sukses, jangan suka beliin tas mojang Purwakarta dan jangan godain dik Sleman itu. Pakai saja buat sepatu dan tas anak SD yang terlantar. Masuk sorga deh. Di situ Anda ditemani bidadari belia yang abadi.

Bersama F. Rach Suherman F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda