Rilis PowerWall, Baran Energy Gandeng Sejumlah Pengembang Properti

Baran Energy mengembangkan energy storage system yang mampu menyimpan energi yang dihasilkan panel surya sehingga dapat dimanfaatkan di malam hari.

baran energy baran-for-property-victor-wirawan-by-anto-erawan-rumahhokie-dok
Victor Wirawan, CEO dan Founder Baran Energy. (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Hunian hemat energi dan ramah lingkungan menjadi impian hampir semua orang belakangan ini. Salah satu teknologi yang banyak digunakan adalah listrik tenaga surya. Hal inilah yang tengah dikembangkan Baran Energy, sebuah perusahaan teknologi Tanah Air.

CEO dan Pendiri Baran Energy, Victor Wirawan menjelaskan, Baran Energy sedang mengembangkan energy storage system (baterai penyimpan listrik skala besar) yang mampu menyimpan energi yang dihasilkan panel surya (solar panel) sehingga dapat dimanfaatkan di malam hari.

Baca Juga: Tips Mengaplikasikan Panel Surya untuk Rumah Anda Secara Tepat

Membuat terobosan bisnis, Baran For Property—salah satu lini bisnis Baran Energy—siap menggandeng sejumlah pengembang properti nasional dalam mengembangkan kawasan perumahan hemat energi.

Dengan teknologi milik Baran, solar panel yang dipasang di atap rumah mengubah cahaya matahari menjadi energi dan disimpan di dalam Baran Power sehingga dapat digunakan di malam hari.

“Kawasan perumahan seperti ini, nantinya akan menjadi tren baru di Indonesia, menyusul tren serupa di Benua Eropa dan China,” kata Victor Wirawan kepada awak media, Jumat (20/12/2019).

Baca Juga: Perusahaan Ini Rancang Panel Surya Jendela untuk Penghuni Apartemen

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang menggarap proyek Baran For Property dengan menggandeng salah satu pengembang nasional untuk mengembangkan kawasan resor di Bogor, Jawa Barat.

“Kawasan resor ini menggunakan teknologi solar panel dan energy storage system kami,” Victor.

Lebih lanjut, dia menuturkan, teknologi milik Baran Energy sesuai dengan konsep modern, smart, dan green city yang diusung dalam pembangunan ibukota baru Indonesia yang akan menggunakan energi baru dan terbarukan (EBT) dan tidak bergantung pada energi fosil.

“Sesuai dengan ide pembangunan ibukota baru, kami menggandeng puluhan generasi milenial sedang mengembangkan PowerWall, energy storage system berkapasitas 8 kWh sebagai teknologi EBT ramah lingkungan,” imbuh Victor.

Baca Juga: Tawarkan Solusi Energi Terbarukan, Sharp Bangun Panel Surya di Tiga Negara

Saat ini, Baran Energy sedang mengembangkan tiga varian produk, yaitu PowerWall berkapasitas 8 kWh yang bisa dipakai di rumah atau industri berskala kecil, PowerPack 96 kWh untuk industri berskala menengah, serta PowerCube 1 MWh untuk industri berskala besar dan perumahan.

“Produk yang telah kami luncurkan adalah PowerWall yang memiliki local content sebesar 64%,” katanya.

Menurut Victor, PowerWall bisa menghemat biaya listrik hingga 75% dan mampu bertahan puluhan tahun. Dia memberi ilustrasi, bila biaya pemakaian listrik selama 20 tahun sebesar Rp1 miliar, maka biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli PowerWall hanya berkisar Rp200 jutaan.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda