Rumah Minimalis Keren Ini Dibangun Di Lahan 2 Meter, Kok Bisa?

Sebuah rumah minimalis di London, Inggris, dirancang dengan memaksimalkan lahan tanah yang hanya berukuran 2,3 meter persegi.

Almanac-Slim House-RumahHokie.com-Richards Chivers-03
Fasad rumah minimalis yang dirancang dengan taman kecili area enterence. (Foto : dezeen)

RumahHokie.com (Jakarta) – Keterbatasan lahan yang terjadi di kawasan perkotaan, membuat banyak pihak mencari cara untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Salah satu solusinya adalah dengan merancang rumah modern minimalis di lahan yang terbatas.

Sebuah rumah modern minimalis di London, Inggris, dirancang dengan memaksimalkan lahan tanah yang hanya berukuran 2,3 meter persegi.

Dikutip dari laman digital Dezeen, walaupun memiliki luasan sangat terbatas, proyek rumah karya biro arsitek Alma-nac Collaborative Architecture yang terletak di jalan St John’s Hill, Clapham, London, Inggris, ini dibuat dengan tetap menghadirkan ruangan-ruangan utama pada sebuah hunian.

Baca Juga : Alasan Mengapa Gaya Rumah Minimalis Cocok untuk Anda

Area dapur yang terlihat ‘hangat’ dari penggunaan material kayu. (Foto: dezeen)

Sang biro arsitek memperluas rumah minimalis tersebut, memajang ke arah belakang, lalu menambahkan atap landai yang dihiasi langit-langit sehingga memungkinkan cahaya alami masuk ke kamar di setiap lantai.

Dengan penambahan lahan tersebut, memungkinkan sang arsitek untuk menghadirkan kebutuhan ruang bagi pemilik rumah.

Baca Juga : Alasan Mengapa Gaya Rumah Minimalis Cocok untuk Anda

Hadirnya skylight di kamar tidur, memberi pancaran sinar cahaya alami matahari kedalam ruangan, sehingga lebih menghemat penggunaan konsumsi listrik dari pencahayaan. (Foto: dezeen)

Bangunan rumah minimalis setinggi tiga lantai itu memiliki ruang makan yang berada di lantai dasar, dapur, kamar tidur tambahan di lantai pertama dan sebuah studi di lantai dua.

“Salah satu aspek yang kami lakukan adalah mengolah tata ruang dengan maksimal. Misalkan saja, kamar tidur utama yang berorientasi ke arah bagian belakang properti di sebelah selatan,” jelas Tristan Wigfall, salah satu arsitek, dalam tim Alma-nac.

Wigfall menambahkan, dengan rancangan seperti itu, membuat pemilik rumah minimalis tersebut dapat menikmati pemandangan ke arah taman.

Walaupun berada di lahan yang terbatas, tak berarti menghalangi rumah minimalis ini memiliki kamar mandi yang mewah. Terlihat material bata ekspos mendominasi dinding kamar mandi yang dikolaborasikan dengan penggunaan perabot kamar mandi bergaya minimalis. (Foto: dezeen)

Dengan rancangan rumah minimalis yang berdiri di lahan seluas 2,3 meter persegi ini, mendatangkan inpirasi dalam membangun hunian yang layak. Jadi, memiliki lahan yang terbatas bukan sebuah halangan lho untuk mendesain rumah yang bagus.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda