Rumah Sewa Dianggap Tepat untuk Hunian Generasi Milenial

Generasi milenial pada umumnya lebih memprioritaskan hunian berupa apartemen yang berada di pusat kota dan terintegrasi dengan simpul transportasi umum serta memiliki kemudahan dalam akses internet.

rumah sewa untuk generasi milenial, Kementerian PUPR
(Foto: Shutterstock)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memprediksi salah satu permasalahan yang akan dihadapi generasi millenial di masa mendatang adalah tantangan dalam mendapatkan rumah yang layak.

Oleh sebab itu, saat ini Kementerian PUPR sedang merancang skema hunian yang sesuai bagi karakter generasi milenial.

Kaum milenial pada umumnya lebih memprioritaskan hunian berupa apartemen yang berada di pusat kota dan terintegrasi dengan simpul transportasi umum serta memiliki kemudahan dalam akses internet.

Baca Juga: Kementerian PUPR Dorong Milenial Punya Rumah Layak Huni

Disisi lain, kalangan yang disebut pula sebagai generasi langgas ini memiliki pola hidup digital untuk mengakses berbagai sektor perekonomian serta bersifat konsumtif.

Ditemui dalam gelaran Indonesia Housing Forum di Jakarta, Rabu (19/06/2019) lalu, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid, mengatakan konsep hunian sewa dianggap paling cocok untuk generasi milenial karena sifatnya yang dinamis.

“Saya kira rumah sewa itu paling tepat untuk mereka. Konsepnya rusun atau apartemen sewa yang memang subsidi. Kami akan coba apakah konsep ini bisa dikerjasamakan dengan pemerintah daerah yang punya lahan,” tutur Khalawi.

Baca Juga: Maria dan Elizabeth Rahajeng: Kiat Membeli Rumah untuk Generasi Milenial

Lebih lanjut dia menerangkan, rencana penyediaan hunian sewa ini akan menggunakan konsep pembiayaan yang sama seperti rumah subsidi lainnya.

Akan tetapi, terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh milenial. Diantaranya, memiliki penghasilan atau tergolong dalam kriteria masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)

“Untuk milenial yang pemula dan baru lulus kuliah, belum punya penghasilan. kami menyiapkanrumah sewa atau rumah susun. Kalau penghasilannya sudah melampaui MBR namun belum mampu beli secara cash, ya kami kasih subsidi,” katanya.

Baca Juga: Inspirasi Rumah yang Mendorong Kreativitas Generasi Milenial

Kaum milenial adalah generasi yang secara umum lahir antara tahun 1980-an hingga awal tahun 2000-an dan merupakan populasi dengan segmentasi yang luas dan tersebar di setiap kelas sosial dan budaya.

Kementerian PUPR memperkirakan pada tahun 2019 ini, sebanyak 81 juta milenial di Indonesia menjadi potensi bagi pasar perumahan nasional.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda