Sales Properti: Dua Hal yang Bikin Customer Kabur

Transaksi properti banyak terjadi bukan karena konsumen loyal kepada seorang sales, tetapi lebih banyak karena suka atau percaya kepadanya.

Cara Sales Properti Mengidentifikasi Calon Konsumen
Foto: Dok. ifeng.com

RumahHokie.com – Ingat film Julia Roberts “Runaway Bride”? Diceritakan, sang calon pengantin wanita setiap berada altar pernikahan langsung parno tanpa sebab dan kabur, sehingga pernikahan batal.

Ternyata, di dunia sales properti, hal begini justru kerap terjadi. Bahkan kira-kira, 80% konsumen kita bukanlah membeli karena loyal.

Baca Juga: Tips Sales Properti Mengenali Sasaran Pembeli yang Pas

Transaksi-transaksi properti banyak terjadi bukan karena loyal atau setia kepada seorang sales, tetapi lebih banyak karena suka atau percaya kepada sales-nya.

Yang percaya itu sangat mungkin bukan orang yang harus loyal, tetapi yang loyal sudah pasti percaya.

Baca Juga: Sales Properti: Antara Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Mengapa loyalitas semakin menjauh dari peruntungan Anda? Ada beberapa faktor. Pertama, listing Anda tidak sesuai dengan ekspektasi loyal customers Anda. Jualan ruko, padahal konsumen sedang butuh apartemen. Harusnya saat Anda mau ikut PK (product knowledge), yang dipikirin apakah proyek-proyek ini bakal cocok dengan database klien Anda.

Kedua, konsumen tidak setia, karena tidak ada added value yang bisa Anda berikan. Anda melayani biasa-biasa saja. Anda juga kurang ilmu dan tanpa analisa, bahkan salah memberi rekomendasi. Udah deh, yang begini ini bikin konsumen kabur abadi.

Baca Juga: Sales Properti, Funneling Database, dan Ilmu Laron

Memang tidak mudah “memelihara” konsumen menjadi setia. Sama sulitnya menjaga Pungky agar saat duduk di Mercy sebelahan dengan kita, dia tidak jelalatan saat lihat Indra Bruggman lewat.

Pungky emang begitu, seleranya Bruggman, maka kita ambrukin aja sekalian. Bye-bye, Pungky!

F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda