Samsung QLED TV Raih Sertifikasi Bebas Gangguan ‘Burn-In’

Perangkat Samsung QLED TV mengalami evaluasi menyeluruh untuk kerentanan terhadap ganguan 'burn-in' dan afterglow yang dapat merusak kualitas gambar secara permanen.

Samsung QLED TV-RumahHokie.com
(Foto : Samsung Electronics)

RumahHokie.com (Jakarta) Samsung Electronics melalui produk home appliance, QLED TV memperoleh sertifikat untuk perangkat televisi bersertifikat bebas ‘burn-in’ oleh sebuah majalah teknologi di Jerman.

Perangkat QLED TV mengalami evaluasi menyeluruh untuk kerentanan terhadap ‘burn-in’ dan afterglow yang dapat merusak kualitas gambar secara permanen. Dari hasil tes yang dikeluarkan oleh media massa tersebut, televisi Samsung dinilai bebas dari gangguan keduanya.

Gangguan ‘burn-in’ mengacu pada fenomena gambar statis (seperti logo saluran, atau status pemain yang biasa ada dalam dalam games konsol), jika ditampilkan untuk jangka waktu panjang, meninggalkan bekas permanen pada layar.

Baca Juga : Benamkan Teknologi Terkini, Samsung Rilis Digital Appliances Terbaru

Dirilis dari siaran pers yang diterima RumahHokie.com, Juma’at (27/08/2018), dalam sesi pengujian, televisi dibuat untuk menampilkan pola kotak-kotak pada bidang hitam pekat dan sangat terang untuk periode waktu yang lebih lama.

“Selain analisis standar, kami menggunakan gambar abu-abu gelap dengan nilai kecerahan 10 nits. Hasil penyelidikan ini menunjukkan bahwa QLED TV tidak terpengaruh oleh ‘burn-In’ dan afterglow,” jelas salah satu insinyur yang menjadi penguji.

Sang penguji kembali menjelaskan, dengan menilai kerentanan terhadap kedua gangguan tersebut, merupakan kunci untuk menentukan seberapa lama perangkat televisi dapat bertahan untuk digunakan.

Sebagai info tambahan, umumnya seiring pemakaian kualitas gambar pada televisi dapat bertahan hingga 10 tahun lamanya.

Baca Juga : Samsung Gelontorkan USD14 Miliar untuk Pengembangan Inovasi IoT

Doochan Eum, Vice President Visual Display Business Samsung Electronics, menjelaskan sumber daya tahan televisi miliknya terletak pada penggunaan quantum dots anorganik.

“Beda dari teknologi layar dengan bahan organik, quantum dots tidak melemah seiring waktu. Hal ini memungkinkan QLED TV untuk menawarkan kualitas gambar yang luar biasa dan
bebas gangguan ‘burn-in’,” katanya.

Doochan berujar hadirnya teknologi quantum dot membuat televisi lebih tahan lama dan kemampuan untuk mengekspresikan 100 persen volume warna.

Sehingga, memungkinkan perangkat elektronik tersebut menyajikan tingkat kualitas gambar yang konsisten dan menawan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda