Sebelas Desainer Raih Penghargaan ‘Kohler Bold Design Awards 2018’

Kohler Bold Design Awards 2018 memberikan penghargaan kepada para arsitek dan desainer Indonesia yang memiliki karya rancang bangun dan properti terbaik.

Kohler Bold Design Awards 2018
(Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebanyak 11 arsitek dan desainer interior diumumkan menjadi pemenang dalam kompetisi Kohler Bold Design Awards (KBDA) 2018.

Penghargaan Kohler Bold Design Awards diberikan kepada berbagai proyek arsitektur dan desain interior di kawasan Asia Pasifik yang terpilih, pada Jum’at (08/03/2019) di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

Penyelenggaraan ajang KBDA yang baru pertama kali dihelat ini menargetkan arsitek dan desainer serta pengembang properti yang berani tampil beda dalam karya bangunannya di Indonesia.

Baca Juga: Jaring Karya Bangunan yang Mendunia, Kohler Gelar Kompetisi Desain

Berdasarkan data dari penyelenggara, lebih dari 300 karya arsitektur dan desain diikutsertakan oleh 140 firma arsitek.

Terdapat sejumlah kategori dalam kompetisi ini, yang meliputi Living (untuk rancangan apartemen dan villa); Travel (urban resort); Leisure; Culture; Influencers serta Rising Talents.

Karya-karya desain yang telah didaftarkan, kemudian melalui penilaian oleh tim juri yang terdiri dari lima arsitek dan desainer internasional. Tim juri itu antara lain Alexandra Champalimaud, Tony Chi, Hidajat Endramukti, Andra Matin, serta Faried Masdoeki.

Baca Juga: Kohler Umumkan Diri Sebagai Principal Partner Manchester United

Andra Matin, salah satu juri Kohler Bold Design Awards, menerangkan setiap karya desain bangunan yang terpilih menunjukan keanekaragaman dan variasi serta mampu mencipakan karya-karya arsitektur yang inovatif.

“Kami menginginkan karakteristik arsitektur yang menunjukan respon dari sebuah desain lokal yang baru. Ada sejumlah karya yang bisa menampilkan itu. Buat kami, sangat luar biasa untuk dikembangkan lebih lanjut,” ujar Andra.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Tony Chi yang merupakan bagian dari tim juri berujar dilihat dari karya-karya arsitek dan desainer Indonesia menunjukan mereka memiliki talenta untuk dapat bersaing di dunia. Meskipun demikian, masih ada hal yang harus diperhatikan, yaitu bobot dari rancangan bangunan itu sendiri.

Baca Juga:Kohler Bangun Pabrik Perdananya di Indonesia untuk Layani Pasar Lokal

Adapun, David Kohler, CEO Kohler Co mengatakan pihaknya percaya pada kekuatan transformatif industri desain untuk sektor perumahan dan komersial, serta pentingnya desainer dalam membentuk sejarah Asia.

“Kami berharap dapat mengakreditasi para desainer dengan menyediakan suatu platform bagi mereka untuk memfasilitasi dan membagikan karya-karya dan proyek yang luar biasa tersebut ke seluruh Asia Pasifik”, ujarnya.

Berikut ini penerima penghargaan Kohler Bold Design Awards 2018:

Kategor Living

– Condo Apartment Architect Award: Saumata Apartment oleh Aboday Design
– Villa Architect Award: Green House oleh Wiyoga Nurdiansyah Architects
– Condo Apartment Design Award: Keraton Residences oleh Genius Loci
– Villa Interior Design Award: M House Grain & Green

Kategori Travel

– Urban & Resorts Architect Award: Maya Sanur oleh Denton Corker Marshal
– Urban & Resorts Hotel Interior Design Award: The Langham SCBD Jakarta oleh Smallwood Reynolds Stewart Stewart

Kategori Leisure

– Gormeteria Restaurant oleh Domisilium Studio

Kategori Culture

– Gereja Ouikemene oleh TDS Interior Architects

Kategori Influencers

– Adi Purnomo (mamostudio)

Kategori Rising Talents

– Wiyoga Nurdiansyah (Wiyoga Nurdiansyah Architects)

Lifetime Achievement

Hendra Hadiprana

 

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda