Sebelum Membeli, Simak Trik Memilih Karpet yang Tepat untuk Ruangan

Apabila anda ingin membeli karpet, pertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Agar interior ruangan menjadi lebih nyaman dan tampil indah.

Pemilihan motif, warna, dan jenis material karpet yang tepat, akan menambah keindahan serta kenyamanan interior ruang.(Foto: anyaflow)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebagai elemen dalam sebuah interior, karpet memiliki banyak manfaat. Selain digunakan menjadi alas lantai agar kaki terasa hangat, hadirnya karpet pada sebuah ruang juga dapat menambah keindahan estetikanya.

Selain harga, banyak orang ketika membeli karpet menimbang berdasarkan bahan material dan motif. Namun tahukah Anda bahwa ada berbagai macam jenis karpet dimana permukaan teksturnya mampu mempengaruhi kenyamanan saat dipijak?

Baca Juga: Trik Ini, Cara Sederhana Bersihkan Karpet dari Tetesan Lilin

Mau tau bagaimana cara memilih karpet yang benar? Berikut ini beberapa saran dalam memilih pelapis lantai tersebut.

Sesuaikan dengan tampilan interior

Ketika anda berencana membeli karpet, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih karpet yang senada atau sesuai dengan tampilan utama dari interior ruang. Apabila anda asal memilih, justru akan beresiko membuat interior rumah terlihat norak.

Apabila ruangan sudah cukup banyak menggunakan motif, baik melalui finishing dinding atau pelapis sofa, sebaiknya anda memilih pilih karpet tanpa motif. Kemudian sesuaikan warna karpet dengan warna dominan pada ruangan tersebut.

Anda dapat memilih gradasi warna dari warna dominan interior. Apabila ingin memberikan aksen pada ruangan, anda bisa menggunakan warna terang.

Misalnya, saja ruangan didominasi warna monokromatik seperti putih atau krem, maka anda bisa menempatkan karpet berwarna merah sebagai focal point pada ruangan.

Baca Juga: Anda Menumpahkan Kopi di Karpet, Begini Cara Membersihkannya!

Tentukan dengan fungsi ruang

Setiap ruang yang ada di dalam rumah memiliki fungsi serta karakteryang berbeda. Oleh karena itu, tentukan terlebih dulu ruang mana saja yang akan dipasangi karpet.

Untuk area ruangan dengan mobilitas tinggi, seperti ruang keluarga atau ruang makan, sebaiknya anda memilih jenis karpet berbulu pendek seperti loop-pile.

Jenis karpet ini terbuat dari gabungan bahan wool, nylon dan prolipropilin yang kuat dan tebal, sehingga tidak mudah mengkerut dan mudah dibersihkan.

Sementara untuk ruang pribadi dimana tingkat mobilitasnya tergolong rendah, anda bisa menggunakan karpet berbulu panjang dan tebal. Jenis karpet woven diyakini sebagai karpet dengan kualitas bahan dan tampilan terbaik. Karpet jenis ini terasa sangat lembut dan nyaman dipijak.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda