Sebelum Menggunakan Rangka Baja Ringan, Yuk Perhatikan 5 Hal Ini!

Apabila dibandingkan dengan rangka kayu yang rentan termakan rayap, rangka baja ringan juga memiliki umur yang lebih panjang. Material itu juga terbilang mudah dalam pemasangannya.

Sebelum Menggunakan Rangka Baja Ringan, Yuk Perhatikan 5 Hal Ini!
(Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) Rangka baja ringan telah digunakan sebagai atap di hampir seluruh bangunan modern, baik rumah, ruko hingga bangunan perkantoran. Material bangunan itu dinilai memiliki kekuatan yang mumpuni untuk menopang beban berat pada bagian atas bangunan.

Apabila dibandingkan dengan rangka kayu yang rentan termakan rayap, rangka baja ringan juga memiliki umur yang lebih panjang. Material itu juga terbilang mudah dalam pemasangannya.

Meski demikian, para calon penggunanya tetap harus memperhatikan saat pengaplikasian rangka baja ringan. Berikut 5 hal yang harus Hokie People perhatikan sebelum memasang rangka baja.

Baca Juga: Atap Rumah Ditumbuhi Jamur? Begini 3 Cara Membersihkannya

Jenis baja ringan
Pemilihan jenis baja ringan menjadi hal yang sangat penting dan harus diperhatikan. Anda dapat memilih jenis rangka baja yang sesuai dengan fungsi dan kekuatannya. Saat ini banya beredar di pasaran jenis baja ringan, diantaranya atap baja ringan spandek dan atap baja ringan bondek.

Perhatikan sistem kesatuan baja ringan
Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah sistem kesatuan dari rangka baja ringan.
Kunci kekuatannya terletak pada integrasi tiap batang baja yang terkoneksi dengan sambungan secara utuh. Saat terjadi kesalahan kecil pada satu rangka akan berimbas ke seluruh atap,yang berakibat fatal dengan runtuhnya keseluruhan bangunan.

Baca Juga: Bahan Baku Baja Langka, Harga Rumah Rakyat Berpotensi Meningkat

Perhatikan derajat kemiringan rangka atap
Saat akan memasang rangka baja pada bagian atap rumah, maka perhatikan derajat kemiringan atapnya. Semakin miring tentunya semakin luas atap yang akan digunakan. Secara ideal, kemiringan sebuah atap adalah antara 250 derajat atau 300 derajat.

Hitung beban atap yang digunakan
Pemilik bangunan juga perlu mempertimbangkan beban yang akan ditopang oleh rangka baja ringan. Karena, hal ini akan sangat berpengaruh pada ketahanan dan kekuatan material tersebut. Hitunglah estimasi beban dari melihat jumlah atap yang digunakan.

Baca Juga: Mengenal Atap Pergola yang Memperindah Gazebo di Rumah

Lapisan anti karat pada rangka baja
Salah satu komponen penting dalam baja ringan adalah lapisan coating anti karatnya. Jenis pelapis yang digunakan tiap merk baja ringan tentunya berbeda.

Ada yang berupa galvanis (Zinc), atap galvalum dan zincalume dan ZAM (Zinc, Alumunium dan Magnesium). Perbedaan campuran itu akan mempengaruhi ketahanannya terhadap zat lain seperti garam, larutan asam dan larutan basa.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda